Pemilu 2019 /
Follow daktacom Like Like
Selasa, 18/12/2018 15:19 WIB

DKPP Gelar Evaluasi Kinerja Akhir Tahun

DKPP menggelar kegiatan kinerja akhir tahun di Hotel Mercure Ancol
DKPP menggelar kegiatan kinerja akhir tahun di Hotel Mercure Ancol
JAKARTA, DAKTA.COM - Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) menggelar acara evaluasi kinerja akhir tahun dalam rangka menegakkan kode etik penyelenggara Pemilu sepanjang tahun 2018 yang bertempat di Hotel Mercure Ancol, pada Selasa (18/12).
 
Menurut penjelasan dari Anggota DKPP, Ida Budhiati menyampaikan saat ini bentuk laporan pengaduan yang disampaikan kepada mereka lebih banyak didominasi dari jajaran KPU yakni sebanyak 1783 laporan. 
 
"Sementara itu berdasarkan data, provinsi yang paling banyak mendapatkan pengaduan adalah Provinsi Papua sebanyak 56 laporan," ungkap Ida. 
 
Ida menambahkan, pelaporan terbanyak adalah mengenai tidak profesionalnya pihak penyelenggara Pemilu sebanyak 174 pengaduan. 
 
"Maka dari itu, kami mendorong agar KPU dan Bawaslu segera membentuk instrumen pengawasan internal demi menjaga profesionalitas mereka dalam menjalankan tugasnya," tutupnya. 
 
Melalui laporan kinerja ini DKPP menyampaikan gambaran pelaksanaan tugas mereka dalam menegakkan kode etik penyelenggara sepanjang 2018. 
 
Dimulai dari Profil integritas penyelenggara Pemilu, KPU dan jajarannya, serta Bawaslu dan jajarannya disajikan melalui data pengaduan dan perkara yang ditangani DKPP. 
 
Adapun, data pengaduan pelanggaran kode etik terkait dengan perkara tahapan Pilkada tahun 2018, tahapan Pemilu 2019, maupun perkara nontahapan seperti rekruitmen Bawaslu dan KPU di daerah. **
 
Reporter : Boy Aditya
Editor : Asiyah Afifah
- Dilihat 194 Kali
Berita Terkait

0 Comments