Bekasi /
Follow daktacom Like Like
Jum'at, 14/12/2018 16:21 WIB

Cek Pembayaran Kini Lebih Mudah dengan Mobile JKN

Puan Maharani
Puan Maharani
BEKASI, DAKTA.COM - Dengan pesatnya perkembangan teknologi tentu diharapkan banyak kemudahan yang dapat dilakukan. Banyak hal positif yang bisa didapat dari perkembangan teknologi tersebut. Mengikuti arus perubahan zaman, BPJS Kesehatan pun kini meluncurkan aplikasi Mobile JKN untuk memberikan pelayanan yang lebih optimal kepada masyarakat. 
 
Aplikasi ini diharapkan bisa membantu mengurangi penumpukan antrian masyarakat di kantor-kantor BPJS Kesehatan. Hanya dengan men-download di App Store untuk smartphone berbasis android ataupun di Play Store untuk smartphone berbasis IOS.
 
Pada aplikasi Mobile JKN, ada banyak fitur yang sangat bermanfaat seperti informasi Kartu Indonesia Sehat (KIS), pembaruan identitas, pembaruan fasilitas kesehatan (faskes) minimal tiga bulan setelah pemilihan faskes sebelumnya, skrining kesehatan online, informasi lokasi faskes terdekat, dan fitur lainnya. 
 
Bahkan, saat ini sudah diterapkan KIS digital dimana setiap peserta tidak perlu lagi membawa kartu KIS fisik untuk berobat, cukup memperlihatkan kartu softcopy yang ada di aplikasi Mobile JKN.
 
“Aplikasi Mobile JKN ini benar-benar memberikan informasi dan kemudahan yang banyak sekali. Saya bisa melihat riwayat pembayaran setiap bulan dan melihat tagihan yang harus dibayar, sehingga kamipun bisa mengontrol apakah pembayaran kami sudah masuk atau belum, jangan sampai tiba-tiba tidak aktif kartunya”, jelas Puan Maharani.
 
Puan yang merupakan wanita karir yang kesehariannya dihabiskan dikantor juga mengajak keluarganya untuk mengunduh aplikasi Mobile JKN dan memanfaatkan fitur-fitur yang telah disediakan di aplikasi tersebut mengingat sebagian keluarganya yang sama kesibukannya dan jarang punya waktu untuk ke Kantor BPJS Kesehatan terdekat untuk melakukan perubahan faskes ataupun mencari informasi.
 
Bahkan masyarakat yang belum terdaftar sebagai peserta JKN-KIS  juga bisa memanfaatkan aplikasi Mobile JKN ini untuk mendaftar. Sehingga jarak tidak jadi halangan lagi bagi masyarakat yang mau mengurus kartu JKN.
 
“Saya berharap teman-teman yang tidak mempunyai waktu lebih, bisa memanfaatan aplikasi ini, jadi tidak perlu harus jauh-jauh ke kantor BPJS Kesehatan untuk sekedar cek iuran atau merubah fasilitas kesehatan,” ujar Puan.
 
Untuk menggunakan aplikasi Mobile JKN syaratnya pun sangat mudah, hanya perlu mengunduh aplikasi melalui Google Play Store dan Apple Store. Setelah aplikasi terpasang, peserta harus melakukan registrasi pada menu yang tersedia di aplikasi Mobile JKN. Setelah berhasil, peserta bisa masuk dalam aplikasi dan memanfaatkan semua fitur yang tersedia. **
 
Reporter : Jaenudin Ishaq
Editor : Asiyah Afifah
- Dilihat 290 Kali
Berita Terkait

0 Comments