Bekasi /
Follow daktacom Like Like
Kamis, 13/12/2018 11:08 WIB

Evaluasi Keuangan Akhir Tahun Bagi Karyawan dan Pengusaha

Pakar Keuangan Osrinita Oesman
Pakar Keuangan Osrinita Oesman
BEKASI, DAKTA.COM - Menjelang akhir tahun 2018, banyak evaluasi yang harus dilakukan agar ke depan kehidupan dapat berjalan lebih baik. Termasuk dalam hal keuangan.
 
Pakar Keuangan, Osrinita Oesman menjelaskan seorang karyawan dan pengusaha harus melakukan evaluasi untuk mengetahui pencapaian yang telah diraih ataupun target yang akan disusun.
 
''Bagi wirausahawan, harus mengetahui dan mengevaluasi berapa omset, keuntungan yang didapat selama ini apakah positif atau negatif. Stok barang juga harus diperhatikan," katanya dalam Bincang Keuangan di Radio Dakta, Kamis (13/12).
 
Sementara bagi karyawan, perlu mengevaluasi apa saja pencapaian yang sudah diraih dan yang belum terlaksana dalam pekerjaan. Semua itu dapat terlihat dengan bonus yang didapat ataupun adanya promosi jabatan.
 
Ia memaparkan cara mengevaluasi keuangan akhir tahun dengan membuat catatan kecil tentang perencanaan tahun depan yang dapat dilakukan dan tidak boleh dilakukan (do and don't).
 
"Kita juga harus introspeksi diri seberapa boros kita selama ini. Maka dibutuhkan draf tentang pengeluaran, apalagi keperluan mendadak seperti anak sakit, hajatan keluarga, dan lainnya. Itu harus dipersiapkan dari sekarang," jelasnya.
 
Menurutnya, kebiasaan buruk pada tahun ini dan sebelumnya, harus diubah menjadi lebih baik supaya ada kemajuan dalam hidup.
 
"Untuk mengubah kebiasan buruk itu dibutuhkan usaha yang sungguh-sungguh, awalnya akan merasa tidak nyaman. Itu semua bisa dimulai dengan perencanaan baru yang lebih matang," pungkasnya. **
Editor :
Sumber : Radio Dakta
- Dilihat 4095 Kali
Berita Terkait

0 Comments