Bekasi / Kabupaten /
Follow daktacom Like Like
Rabu, 12/12/2018 13:43 WIB

Kelompok Tani di Kabupaten Bekasi Terus Berkurang

Petani menanam padi (ilustrasi)
Petani menanam padi (ilustrasi)

CIKARANG, DAKTA.COM - Dinas Pertanian Kabupaten Bekasi mencatat jumlah kelompok tani saat ini ada sebanyak 1700 kelompok meski jumlah lahan pertanian telah berubah fungsi menjadi lahan industri dan perumahan.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Bekasi, Abdulah Karim mengatakan sesuai Surat Keputusan (SK) Bupati Bekasi, jumlah kelompok tani yang terdaftar ada sebanyak 1700 kelompok. Jumlah tersebut cukup banyak karena lahan pertanian sudah sangat menyempit.

"Keberadaan kelompok tani itu tersebar di 23 kecamatan, rata-rata setiap kecamatan terdapat 50 kelompok tani tetapi yang paling banyak tentu saja kecamatan yang masih luas lahan pertaniannya," katanya di Cikarang, Rabu (12/12).

Ia menyebut, keberadaan kelompok tani saat ini semakin berkurang khususnya petani padi, kebanyakan kelompok tani saat ini cenderung ke perkebunan.

"Untuk itu, pembinaan kelompok tani akan terus dilakukan dengan memberikan bantuan alat maupun kemudahan dalam penyaluran pupuk," jelasnya.

Abdulah Karim menyebut kelompok tani yang ada saat ini menggarap seluas 48 ribu hektare lahan yang masih tersisa. Rata-rata petani yang ada hanya sebagai penggarap saja, bukan pemilik lahan.

Sebanyak 1.100 lahan pertanian menyusut setiap tahun khususnya di wilayah utara Kabupaten Bekasi, hal ini akibat adanya industri dan perumahan, untuk itu pihaknya tengah merancang perda lahan abadi pertanian agar jumlahnya masih bisa dipertahankan. **

 

Reporter : Ardi Mahardika
Editor :
- Dilihat 1563 Kali
Berita Terkait

0 Comments