Bekasi /
Follow daktacom Like Like
Rabu, 12/12/2018 11:09 WIB

Hadapi Konflik di Tempat Kerja dengan Positif

Bincang Publik bersama Co Founder PsyLine.id, Drs. Arbono Lasmahadi, M.Psi., Psikolog
Bincang Publik bersama Co Founder PsyLine.id, Drs. Arbono Lasmahadi, M.Psi., Psikolog
BEKASI, DAKTA.COM - Konflik antar personal maupun kelompok dalam suatu organisasi tidak bisa dihindarkan, maka dibutuhkan suatu sikap agar konflik tidak terjadi berlarut-larut.
 
Praktisi HRD dan Co-founder PSYLine.id, Psikologi Online Indonesia, Drs. Arbono Lasmahadi, M.Psi., Psikolog menjelaskan bahwa sering kali konflik terjadi karena adanya perbedaan pendapat atau ideologi.
 
"Konflik terjadi disebabkan bermacam-macam, misalnya seperti berbeda pandangan dan adanya benturan kepentingan. Tinggal bagaimana kita menyikapi konflik tersebut," ucapnya dalam Bincang Publik di Radio Dakta, Rabu (12/12).
 
Menurutnya, selain konflik antar personal, dalam dunia kerja juga dapat terjadi konflik fungsional yang berkaitan dengan proses pekerjaan.
 
"Terkadang itu terjadi karena tidak ada diskusi atau komunikasi yang berjalan dengan baik, sehingga sampai mengganggu aktivitas kerja," katanya.
 
Ia menyampaikan, semua konflik tidak berarti apabila disikapi dengan bijak.
 
"Konflik itu tidak bisa dihindarkan, tinggal bagaimana kita melihat dari sebuah konflik dari sisi positif yang menjadi pendorong supaya lebih produktif, bahwa ada sistem yang tidak berjalan, sehingga harus dievaluasi," katanya.
 
Untuk mencegah suatu konflik, kata dia, seorang pemimpin harus mampu menanamkan kepada karyawannya bahwa harus melihat konflik secara positif dan menjalin diskusi dengan baik. **
 
Editor :
Sumber : Radio Dakta
- Dilihat 655 Kali
Berita Terkait

0 Comments