Bekasi /
Follow daktacom Like Like
Rabu, 12/12/2018 09:37 WIB

Kantin SMAN dan SMPN 1 Kota Bekasi Lulus Uji Layak Konsumsi

Kepsek SMPN 1 Kota Bekasi Euis Siti Halimah
Kepsek SMPN 1 Kota Bekasi Euis Siti Halimah
BEKASI, DAKTA.COM - Orang tua siswa cenderung khawatir jika putra/putrinya membeli jajanan di sekitar sekolah. Karena beberapa kejadian adanya keracunan makanan yang tidak sehat masih dijual di lingkungan sekolah. Namun orang tua siswa SMPN 1 Kota Bekasi bisa lega karena berdasarkan uji laboratorium dan tes kesehatan makanan yang dilakukan lembaga Pengawasan makanan dan Dinas Kesehatan Jawa Barat telah lulus uji dengan nilai 8,9.
 
"Yang lolos SMAN 1 dan SMPN 1 di Kota Bekasi, kalau se-Jawa Barat ada 29 sekolah," ungkap Kepsek SMPN 1 Kota Bekasi Euis Siti Halimah, Selasa (11/12).
 
Dalam pengujian yang dilakukan kepada 15 jenis makanan yang dijual di kantin sekolah pada 10 pedagang dinyatakan sehat dengan nilai 89 atas pengujian tanggal 15 November 2018 lalu. Dan rencananya SMPN 1 Kota Bekasi akan mendapat sertifikat piagam bintang keamanan pangan kantin sekolah pada 12 Desember 2018 di Bandung Jawa Barat. 
 
"Sertifikat Piagam Bintang Keamanan Pangan Kantin Sekolah akan diterima SMPN 1. Kita juga upaya agar di lingkungan sekolah ini bebas dari styrofoam. Petugas OSIS dan pihak sekolah akan menjaga agar siswa membawa tempat makan dari rumah," ujarnya. 
 
Penanggung jawab kantin dan jajanan sekolah yang juga guru mata pelajaran IPA ,Hj Susi menjelaskan bahwa pengujian makanan dilakukan secara berkala. Bahkan saat ini alat uji sudah diterima pihak sekolah agar nantinya dapat melakukan pengujian secara mandiri. 
 
"Ada bahan pengetesan formalin, borak, rodamin, dan lainnya. Intinya jajanan makanan di sekolah kita dinilai layak konsumsi dan sehat, " katanya. **
Reporter : Warso Sunaryo
Editor :
- Dilihat 778 Kali
Berita Terkait

0 Comments