Bekasi / Kota /
Follow daktacom Like Like
Selasa, 11/12/2018 14:33 WIB

Pancasila dalam Membentuk Karakter Berbangsa

Mahfudz Abdurrahman
Mahfudz Abdurrahman
BEKASI, DAKTA.COM - Anggota DPR RI fraksi PKS Mahfudz Abdurrahman mengingatkan pentingnya menjaga kedaulatan NKRI. Ia menjelaskan ideologi Pancasila bersumber dan berbasis pada konstitusi UUD 1945. Pembukaan UUD 1945 menegaskan dan menjelaskan prinsip dasar dan utama dari sistem kebangsaan dan kenegaraan Indonesia. 
 
"Pembukaan UUD 1945 juga mengamanatkan Pancasila. Dengan demikian, Pancasila memiliki keabsahan konstitusional jalan kehidupan berbangsa dan bernegara," papar Mahfudz dalam kegiatan Reses bertempat di Aula Nurul Islam Kampung Rawa Bogo, Jatimekar, Jatiasih, Kota Bekasi, Ahad (9/12).
 
Pancasila menurut Bendahara DPP PKS itu, pada hakekatnya mencerminkan kenyataan sosial dan kebenaran kultural masyarakat dan bangsa Indonesia. Hakekat Pancasila sejatinya merupakan watak kebudayaan dan sifat kepribadian nasional Indonesia yang lahir, tumbuh dari kehidupan masyarakat dan bangsa Indonesia. 
 
"Pancasila tidak hanya sekadar merupakan keabsahan konstitusional, melainkan juga merupakan kenyataan sosial dan kebenaran kultural," ujar Mahfudz yang juga calon legislatif di Pileg DPR RI pada 2019 mendatang. 
 
Ia menjelaskan, arus utama dan intisari dari penyelenggaraan Pancasila sesungguhnya harus lebih berbasis dan berorientasi pada sifat dan watak kepribadian nasional bangsa Indonesia. Karena Pancasila merupakan kenyataan sosial dan kebenaran kultural masyarakat Indonesia. Bukan dan tidak semata-mata karena keabsahan konstitusional. **
Reporter :
Editor : Dakta Administrator
- Dilihat 1529 Kali
Berita Terkait

0 Comments