Nasional / Hukum dan Kriminal /
Follow daktacom Like Like
Jum'at, 07/12/2018 09:14 WIB

Ditetapkan Tersangka, Habib Bahar Tak Ditahan

Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo
Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo
JAKARTA, DAKTA.COM - Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo mengatakan bahwa penyidik Bareskrim memutuskan untuk tidak menahan pimpinan Majelis Pembela Rasulullah, Habib Bahar bin Smith meski telah ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus dugaan ujaran kebencian.
 
"Alasan teknis penyidik, yang bersangkutan masih korporatif dalam proses penyidikan yang dilakukan oleh penyidik," kata Brigjen Dedi, Jumat (7/12).
 
Menurutnya, Habib Bahar ditetapkan sebagai tersangka setelah penyidik mendapatkan dua alat bukti.
 
"Ya dari hasil gelar (perkara) terpenuhi unsur pidananya dan penyidik menemukan dua alat bukti," katanya.
 
Pemeriksaan polisi terhadap Habib Bahar pada Kamis (6/12) merupakan tindak lanjut dari pelaporan ormas Cyber Indonesia ke polisi terkait video ceramah Habib Bahar yang diduga mengandung ujaran kebencian terhadap Presiden Joko Widodo.
 
Video yang dipermasalahkan merupakan video rekaman ceramah Habib Bahar pada 8 Januari 2017 dalam peringatan Maulid Nabi di Palembang, Sumatera Selatan.
 
Dalam kasus ini, polisi menjerat Habib Bahar dengan pasal berlapis yakni Pasal 16 angka 2 Jo Pasal 4 huruf b angka 2 Undang-undang Nomor 40 Tahun 2008 tentang Penghapusan Diskriminasi Ras dan Etnis dan atau Pasal 45 ayat 2 jo Pasal 28 ayat 2 dan atau Pasal 207 Undang-undang Nomor 1 Tahun 1946 Tentang KUHP. **
Editor :
Sumber : Antara
- Dilihat 2155 Kali
Berita Terkait

0 Comments