Nasional /
Follow daktacom Like Like
Kamis, 06/12/2018 16:57 WIB

Pengungkapan Kejahatan Penjualan Blanko E-KTP

Direktur Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil Kemendagri Zudan Arif Fakrullah
Direktur Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil Kemendagri Zudan Arif Fakrullah
JAKARTA, DAKTA.COM - Direktur Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil Kemendagri Zudan Arif Fakrullah, memberikan penjelasan terkait terjadinya praktik perbuatan pidana penjualan blanko KTP-el  melalui Tokopedia. Kasus tersebut sudah tertangani oleh pihak kepolisian dan pelaku yang menjual di Tokopedia sudah teridentifikasi semuanya sampai dengan nomor rekeningnya dan nama pemilik rekeningnya.
 
“Saya sudah berkomunikasi dengan penjual tersebut yang bernama Nur Ishadi Nata melalui telpon dan sudah mengakui menjual 10 keping blanko yang diambil dari ruangan ayahnya. Ayahnya dulu adalah Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Tulang Bawang. Saya sudah menugaskan Kadis Dukcapil Provinsi Lampung dan Ketua Forum Dukcapil Provinsi Lampung ke rumah penjual tersebut untuk benar-benar  bisa mendalami motif dan modusnya,” ungkapnya.
 
Zudan juga berharap dengan telah tertanganinya persoalan ini maka tidak lagi menjadi isu dan pemberitaan sehingga tidak menimbulkan pemberitaan yang simpang siur dan membuat opini yang tidak benar di masyarakat terkait permasalahan ini. 
 
“Selanjutnya nama-nama dari pelaku penjualan blanko KTP-el tersebut diserahkan pada pihak Kepolisian,” ucapnya.
 
Secara kronologis, sejak hari Senin tanggal 3 Desember 2018, pihak dari Ditjen Dukcapil mendapat informasi rekan wartawan. Sehingga Ditjen Dukcapil Kemendagri bergerak cepat langsung ke lapangan dan melacaknya.
 
Hari Selasa tanggal 4 Desember 2018, Ditjen Dukcapil langsung melaporkan ke Polda Metro Jaya dan melakukan rapat dengan perusahaan pencetak blanko serta berkoordinasi dengan pihak Toko Pedia tempat mengunggah penjualan blanko secara online.
 
Sehari berikutnya tepatnya hari Rabu Tanggal 5 Desember 2018, jajaran Ditjen Dukcapil segera menggelar  rapat dengan Tokopedia untuk mendapatkan data pelaku. Data awal sudah didapatkan dan langsung dicek ke Data Base Kependudukan.
 
“Dari kemarin sore dan pagi ini Kepala Dinas Dukcapil Provinsi Lampung dan Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Tulang Bawang bergerak ke rumah yang menawarkan blanko tersebut,” ujarnya.
 
Pada prinsipnya setiap blanko KTP-el ada chip dan ada nomor serinya sehingga bisa dilacak dengan mudah.
 
Zudan menegaskan bahwa siapapun dan pihak manapun yang melakukan perbuatan menawarkan dan menjual belikan blanko dokumen negara adalah kejahatan yang harus ditanggulangi bersama-sama.
 
“Pihak Tokopedia kami perintahkan untuk melakukan take down penawaran tersebut dan sudah dilakukan kemarin hari Rabu tanggal 5 Desember 2018,” pungkasnya. **
Editor : Dakta Administrator
Sumber : Rilis Puspen Kemendagri
- Dilihat 655 Kali
Berita Terkait

0 Comments