Bekasi / Kabupaten /
Follow daktacom Like Like
Kamis, 06/12/2018 10:14 WIB

LKS Tripartit Bekasi Fokuskan Sosialisasi Hubungan Industrial Pancasila

Anggota LKS Tripartit Kabupaten Bekasi dari unsur serikat pekerja Abdulah
Anggota LKS Tripartit Kabupaten Bekasi dari unsur serikat pekerja Abdulah
CIKARANG, DAKTA.COM - Lembaga Kerja Sama (LKS) Tripartit Kabupaten Bekasi menyebut masih banyak perusahaan yang tidak taat aturan sehingga akan memfokuskan sosialisasi hubungan industrial pancasila.
 
Anggota LKS Tripartit Kabupaten Bekasi dari unsur serikat pekerja, Abdulah mengatakan hubungan industrial Pancasila telah dicanangkan kembali setelah 20 tahun tidak berjalan, oleh karena itu dalam implementasinya hubungan industrial di Kabupaten Bekasi harus memasukan unsur-unsur Pancasila di mana harus bermusyawarah bermufakat serta mementingkan keadilan baik bagi pekerja dan pengusaha.
 
"Kabuapaten Bekasi sebagai kawasan industri terbesar se-Asia Tenggara tentunya banyak investasi asing yang datang, kami sosialisasikan hal itu, agar orang asing mengetahui bagaimana hubungan industrial yang sesuai norma pancasila," jelasnya di Cikarang, Kamis (6/12).
 
Pihaknya juga mengakui ada kategori perusahaan yang tidak taat hukum, semi taat hukum dan sangat taat hukum, oleh karena itu sebagai fasilitator akan fokus dalam menyosialisasikan hubungan industrial di perusahaan yang tidak taat hukum.
 
Abdulah yang merupakan aktivis buruh dari Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) tersebut menambahkan, dalam hubungan industrial harus mencapai kemitraan dalam proses produksi, mitra dalam menjalankan usaha, mitra dalam menikmati hasil, dan budaya berunding ketika terjadi persoalan ketenagakerjaan.
 
"Tradisi bermusyawarah dan berunding inilah yang harus terus dilakukan agar semangat hubungan industrial pancasila dapat diimplementasikan di seluruh perusahaan," katanya. **
Reporter : Ardi Mahardika
Editor : Asiyah Afifah
- Dilihat 120 Kali
Berita Terkait

0 Comments