Bekasi / Kabupaten /
Follow daktacom Like Like
Kamis, 06/12/2018 08:35 WIB

Kabupaten Bekasi Akan Terapkan Hubungan Industrial Pancasila

Acara pencanangan hubungan industrial pancasila di Hotel Sahid Lippo Cikarang
Acara pencanangan hubungan industrial pancasila di Hotel Sahid Lippo Cikarang
CIKARANG, DAKTA.COM - Mantan Menteri Tenaga Kerja Bomer Pasaribu berharap penerapan hubungan industrial pancasila dapat berjalan seiringan dengan revolusi industri 4.0.
 
Bomer seusai menghadiri pencanangan hubungan industrial pancasila di Hotel Sahid Lippo Cikarang mengatakan hubungan industrial pancasila sebenarnya sudah dilakukan sejak tahun 1974, tetapi terhenti saat reformasi tahun 98.
 
Untuk itu dengan dicanangkan kembali di Kabupaten Bekasi sebagai wilayah industri terbesar se-Asia Tenggara mampu menjadi pilot project secara nasional.
 
Ia menjelaskan, saat ini telah dicanangkan revolusi industrial 4.0, sehingga dengan adanya hubungan industrial pancasila, dapat berpengaruh pada kemajuan industri, di mana hubungan industri antar pengusaha pemerintah dan serikat pekerja berjalan harmonis.
 
"Hubungan industrial itu yang harmonis itu dapat menciptakan industri yang berdaya saing dan berinovasi," katanya, Rabu (5/12).
 
Saat ini diakuinya, kontribusi industri terhadap gross domestic product terus menurun, pada tahun 2005 mencapai 30 persen kini hanya 19 persen.
 
Sementara itu, Ketua APINDO Kabupaten Bekasi, Sutomo mengatakan kedepan dalam hubungan industrial, semua persoalan dikembalikan lagi atas dasar pancasila dimana menggunakan cara bermusyarah, bermufakat, keseimbangan dan berkeadilan tanpa perlu menggunakan cara-cara kekerasan sehingga apa yang didapat tahun mendatang lebih baik dari tahun sebelumnya.
 
"Sebagai fasilitator bersama dengan unsur pemerintah dan pekerja, kami akan melakukan sosialisasi ke perusahaan dan pekerja agar dapat mengimplementasikan hubungan industrial pancasila," ucapnya. **
Reporter : Ardi Mahardika
Editor : Asiyah Afifah
- Dilihat 125 Kali
Berita Terkait

0 Comments