Bekasi / Kabupaten /
Follow daktacom Like Like
Kamis, 06/12/2018 10:35 WIB

Pemkab Bekasi Dorong Setiap RW Miliki Dua Amil Jenazah

Ilustrasi amil jenazah
Ilustrasi amil jenazah
CIKARANG, DAKTA.COM - Keberadaan Amil Jenazah di Kabupaten Bekasi masih minim. Padahal, kehadirannya sangat dibutuhkan dalam upaya menjalankan fardu kifayah terhadap jenazah.
 
Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) pada Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Bekasi, Iyan Priyatna mengatakan jumlah Amil Jenazah di setiap RW idealnya dua orang.
 
Berdasarkan data yang diperoleh Dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Bekasi, jumlah RW yang terdata sebanyak 1.609 RW sehingga seharusnya ada 3218 orang Amil Jenazah.
 
"Tetapi ternyata sampai dengan saat ini, data amil jenasah sekitar 2.360 orang sehingga masih banyak kekurangannya," katanya kepada Dakta, Kamis (6/12).
 
Pihaknya berharap, agar kedepannya warga yang memiliki kemampuan dan kemauan bisa turut serta menjadi Amil Jenazah
 
Apalagi, untuk tahun depan bantuan yang berikan pemerintah daerah kepada para Amil Jenazah juga rencananya akan bertambah penerimanya.
 
"Bantuan tersebut diberikan Rp200 ribu perbulan per tiga bulan sekali dan langsung disalurkan ke rekening penerima," ujarnya.
 
Iyan menambahkan, bagi Amil Jenazah yang ingin mendapatkan dana bantuan tersebut, wajib mengisi daftar kegiatan yang diketahui oleh kepala desa dan camat, kemudian diverifikasi oleh bagian administrasi kesra.
 
Ia juga berharap melalui bantuan ini menjadi bentuk perhatian dari Pemerintah Kabupaten Bekasi terhadap mereka yang hidupnya mengabdi dan mengurusi persoalan keumatan. **
Reporter : Ardi Mahardika
Editor : Asiyah Afifah
- Dilihat 140 Kali
Berita Terkait

0 Comments