Bekasi /
Follow daktacom Like Like
Rabu, 05/12/2018 10:53 WIB

Bantu Cegah Defisit JKN-KIS dengan Berhenti Merokok

Fuad baradja yang merupakan aktivis Penanggulangan Masalah Rokok
Fuad baradja yang merupakan aktivis Penanggulangan Masalah Rokok
BEKASI, DAKTA.COM - Fuad baradja yang merupakan aktivis Penanggulangan Masalah Rokok mengatakan bahwa tingkat kecenderungan merokok di kalangan pelajar di Indonesia sudah sangat parah dan kritis, 
 
“Pertumbuhannya hampir 15 persen, sedangkan di negara lain bahkan menurun setiap tahunnya, bahkan negara-negara dunia membuat ratifikasi pengendalian tembakau melalui Framework Convention on Tobacco Control (FCTC) dan sudah 183 negara menandatangani dan di Asia hanya Indonesia yang belum menandatangani,” jelasnya.
 
Mantan pemain sinetron ini pun mengatakan bahwa dirinya sekarang aktif dalam penyuluhan-penyuluhan maupun membantu terapi orang yang ingin berhenti merokok. 
 
“Naikkan cukai Rokok agar harga rokok mahal sehingga banyak yang tidak mampu untuk membeli rokok. Saya juga berpesan kepada perokok, yaitu segeralah untuk berhenti merokok, apabila masih terasa berat setidaknya kurangi merokok di kantor atau di dalam rumah, karena kasihan untuk orang yang tidak merokok," lanjutnya. 
 
Menurutnya, jangan sampai berpikir apabila nanti sakit dikarenakan merokok akan dibiayai oleh program JKN-KIS, namanya sakit itu tidak enak. 
 
"Janganlah kita menjadi penyebab dari defisitnya program ini, karena masih banyak orang yang membutuhkan pengobatan yang perlu dibantu program ini," tutupnya.
 
Seperti diketahui bahwa rokok merupakan penyebab utama dari penyakit katastropik atau penyakit yang membutuhkan biaya besar dalam pengobatannya dan menjadi salah satu penyebab defisitnya program JKN-KIS dalam tiga tahun berjalannya program ini. 
 
“BPJS Kesehatan memegang peran penting dalam menyelenggarakan JKN-KIS bagi seluruh rakyat Indonesia. Mari kita bantu dengan menerapkan pola hidup sehat dan membayar iuran,” terang Fuad Baradja. **
Reporter : Jaenudin Ishaq
Editor : Asiyah Afifah
- Dilihat 79 Kali
Berita Terkait

0 Comments