Bekasi / Kota /
Follow daktacom Like Like
Senin, 03/12/2018 10:15 WIB

Mensos Launching Kartu Identitas Disabilitas

Ilustrasi Penyandang Disabilitas
Ilustrasi Penyandang Disabilitas
BEKASI, DAKTA.COM - Menteri Sosial Republik Indonesia Agus Gumiwang Kartasasmita Senin (3/12) akan melancing kartu Identitas Disabilitas untuk merumuskan kebijakan dan mengupayakan kerjasama dengan pihak lain demi tercapainya kesejahteraan bagi penyandang disabilitas.
 
Menurut Menteri Sosial RI Agus Gumiwang Kartasasmita, jika salah satu anggota keluarga terdapat penyandang disabilitas jangan malu mendaftarkan atau melaporkan ke Dinas Sosial untuk medapatkan kartu Identitas Disabilitas yang memiliki manfaat. 
 
Ia mengatakan, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah menggratiskan angkutan Busway bagi disabilitas tentunya ini cukup memberi manfaat dan pihak kementrian mengapresiasinya.
 
Ke depan pemerintah daerah juga memiliki kewajiban untuk membangun infrastruktur bagi disabilitas selain Kementrian Sosial juga berharap adanya dukungan dari kementrian lain terkait sarana prasarana bagi penyandang disabilitas. 
 
"Kita akan launcing kartu identitas disabilitas ini adalah salah satu wujud dari penjabaran aturan undang-undang dan desakan dari PPDI, amanah UU agar kartu ini memiliki manfaat lebih nantinya," ungkap Agus Gumiwang. 
 
Launcing Kartu Identitas Disabilitas rencananya langsung dilakukan oleh Persiden Republik Indonesia Joko Widodo di acara Peringatan Hari Disabilitas Internasional di Bekasi Utara Kota Bekasi dengan tema Indonesia Inklusi dan Ramah Disabilitas. 
 
"Kartu ini juga untuk merumusakan kebijakan yang pas dan tepat dan bermanfaat. Akan dicarikan rumusan kerjasama dengan berbagai macam pihak dan dunia usaha. Misal saat ini naik busway gratis sebagai tanda apresiasi yang tinggi. Tupoksi Kementrian Sosial adalah Membina membangu Dan membentuk SDM," katanya.
 
Pendekatan sarana disabilitas terus dilakukan pihkanya bekerja sama dengan kementerian lainnya, LSM, pemerintah daerah, dan melibatkan masyarakat. 
 
Peringatan Hari Disabilitas Internasional juga dimeriahkan dengan diskusi, pameran produk disabilitas, dan seminar. Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari di parkir Sumareccon Mall Bekasi Utara Kota Bekasi. Selain Persiden Joko Widodo, Gubenur Jawa Barat Ridwan Kamil dan wali Kota Bekasi juga akan hadir dalam puncak acara hari ini senin (3/12). **
Reporter : Warso Sunaryo
Editor : Asiyah Afifah
- Dilihat 164 Kali
Berita Terkait

0 Comments