Nasional / Pendidikan /
Follow daktacom Like Like
Rabu, 28/11/2018 11:38 WIB

PMP Dikembalikan, F-PPP Dukung Penuh

Anggota Komisi X DPR RI, Reni Marlinawati
Anggota Komisi X DPR RI, Reni Marlinawati
JAKARTA, DAKTA,COM - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengusulkan untuk mengembalikan mata pelajaran Pendidikan Moral Pancasila (PMP) ke dalam kurikulum sekolah. 
 
Hal ini mendapat tanggapan positif dari Anggota Komisi X DPR RI yang juga Ketua Fraksi PPP, Reni Marlinawati. Menurutnya, pengembalian pelajaran PMP penting untuk mengembalikan nilai-nilai luhur Pancasila yang semakin terkikis. 
 
"Output kepada anak saat ini, nasionalisme mereka dan pemahaman kebangsaan mereka pada hari ini relatif sangat tipis. Secara formal maupun konten, saya setuju hal itu," ungkap Reni saat dihubungi pada Selasa (28/11).
 
Reni mengatakan, masyarakat tidak perlu menolak hal-hal yang baik di masa lalu jika memang konteks pelajaran tersebut masih sesuai dengan kondisi kebangsaan pada saat ini. 
 
"Faktanya hari ini konten pelajaran pada pelajaran PKn ini tidak cukup efektif, membuat nilai pemahaman anak-anak terhadap sejarah perjuangan bangsa menjadi rendah," tutupnya. 
 
Pelajaran PMP ini pertama kali muncul pada tahun 1975, kemudian namanya berubah pada Kurikulum 1994 menjadi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn). 
 
Pada Kurikulum 2003, namanya kembali berubah menjadi Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) hingga saat ini. **
Reporter : Boy Aditya
Editor : Asiyah Afifah
- Dilihat 129 Kali
Berita Terkait

0 Comments