Bekasi / Kabupaten /
Follow daktacom Like Like
Jum'at, 09/11/2018 07:58 WIB

Semburan Asap dari Tanah di Kampung Poponcol Perlu Diteliti

Walhi
Walhi
CIKARANG, DAKTA.COM - Sebidang tanah yang ditumbuhi pepohonan dan rumput dengan lebar sekira 4 meter dan panjang 1 meter di Kampung Poponcol RT 01/03, Desa Ridomanah, Kecamatan Cibarusah, Kabupaten Bekasi, mengeluarkan asap berbau belerang cukup menyengat yang keluar dari celah tanah sejak sebulan lalu. 
 
Berdasarkan informasi dari warga sekitar, permukaan tanah menghitam mengeluarkan suhu panas. Ranting-ranting pohon di sekitarnya turut menghitam akibat suhu panas itu. Kemudian, di sekitar lokasi tercium aroma menyerupai bau gas pemantik api.
 
Adanya semburan asap dari dalam tanah itu disikapi Direktur Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) Jakarta Puput T D Putra.
 
Menurutnya, fenomena itu perlu diketahui dahulu apakah terjadi karena alam atau karena adanya eksplorasi perusahaan.
 
"Jika ada perusahaan yang mengekplorasi di sekitar lokasi maka kemungkinan disebabkan karena kerusakan lingkungan, tetapi jika tidak ada, hal itu merupakan fenomena alam biasa yang terjadi dengan waktu tertentu," katanya di Cikarang, Kamis (9/11).
 
Sementara itu, Camat Cibarusah Enop Chan menyebut fenomena keluarnya asap dari dalam tanah yang terjadi di wilayahnya itu bukan sesuatu hal yang baru.
 
Meski terjadi fenomena alam tersebut, hingga saat ini belum ada penanganan langsung dari Pemerintah Daerah untuk memastikan bahaya atau tidaknya bagi warga sekitar. 
 
"Saya berharap, fenomena langka ini bisa diatasi secepatnya agar tidak menimbulkan kekhawatiran," ucapnya. **
Reporter : Ardi Mahardika
Editor : Asiyah Afifah
- Dilihat 520 Kali
Berita Terkait

0 Comments