Bekasi / Kota /
Follow daktacom Like Like
Selasa, 06/11/2018 11:44 WIB

Masuk Musim Penghujan, Pemkot Bekasi Mulai Siaga Banjir

Ilustrasi hujan
Ilustrasi hujan
BEKASI, DAKTA.COM - Memasuki musim penghujan, Pemerintah Kota Bekasi mulai menyiapkan sejumlah upaya untuk meminimalisasi banjir di wilayah Kota Bekasi.
 
Menurut Wakil Wali Kota Bekasi, Tri Adhianto saat ini berbagai langkah sudah diupayakan untuk pencegahan banjir, mengingat ada puluhan titik banjir yang ada di wilayah Kota Bekasi.
 
"Kita berupaya agar banjir bisa dicegah. Dinas Binamarga dan Sumber Daya Air sudah ditambah alat kelengkapan evakuasi serta pompa air dan tim untuk memberisihkan selokan," katanya.
 
Menurutnya, dari data yang dihimpun ada 49 wilayah menjadi titik banjir. Namun sebagian wilayah sudah dibenahi, walaupun kemungkinan dapat bertambah akibat daya serap lahan yang mulai berkurang . 
 
"Seperti kita lihat, jalan tol di Bekasi yang sedang dibangun itu mengurangi penyerapan air hujan. Sebelumnya pada saat hujan bisa masuk ke Kalimalang tetapi setelah ada tol Becakayu, air masuk ke sungai Kota Bekasi," ucapnya.
 
Ia menympaikan, polder air sudah mulai dikuras, akan tetapi jika hujan terlalu ekstrem maka Kota Bekasi belum bebas banjir. Pemkot Bekasi juga berupaya untuk menambah lokasi penyerapan air dengan penambahan Ruang Terbuka Hijau (RTH) bekerja sama dengan para pengembang. 
 
"Resapan air kita upayakan ditambah dan kesiapan tanggul di wilayah pinggiran kali Bekasi juga harus ditingkatkan. Masalahnya saat ini dana yang ada belum mencukupi untuk semua wilayah," tutup Tri. **
Reporter : Warso Sunaryo
Editor : Asiyah Afifah
- Dilihat 698 Kali
Berita Terkait

0 Comments