Bekasi / Kota /
Follow daktacom Like Like
Jum'at, 02/11/2018 11:03 WIB

Damkar Bentuk Balakar Tiap RT Demi Tingkatkan Kesiapsiagaan Kebakaran

Kabid Pencegahan Dinas Pemadam Kebakaran Kota Bekasi Rafles Turnip
Kabid Pencegahan Dinas Pemadam Kebakaran Kota Bekasi Rafles Turnip

BEKASI_DAKTA.COM : Dinas Pemadam Kebaran Kota Bekasi terus meningkatkan kesiapsiagaan menghadapi kebakaran di Kota Bekasi. Selain penambahan pos damkar yang saat ini sudah ada lima sektor, pihaknya akan membetuk Barisan Relawan Kebakaran (Balakar) di tiap RT.

Kepala Bidang Pencegahan Dinas Pemadam Kebakaran Kota Bekasi Rafles Turnip mengatakan, penyebab api ada tiga yakni, oksigen, panas, bahan mudah terbakar. Masyarakat menurut Rafles, harus mengerti penyebab api agar dapat mencegah dan menanggulangi kebakaran dilingkungannya.

"khusus untuk perumahan, harusnya memang setiap perumahan memiliki folder air, agar apabila terjadi kebakaran mudah dan cepat penanganannya," kata Rafles.



Rafles juga mengingatkan agar gedung-gedung tinggi di Kota Bekasi melengkapi Setifikat Layak Fungsi. Ia menghimbau, setiap pemilik gedung juga harus melengkapi Alat Pemadam Api Ringan (APAR) di setiap ruangan, jalur evakuasi yang aman, hingga titik kumpul yang tepat ketika terjadinya bencana atau kebakaran.

"Kita juga memanggil apabila tidak sesuai, dan bahkan menyegel bahwa persiapan penyelenggaraan kesiapsiagaan kebakarannya belum benar, kita akan terus memantau gedung di Kota Bekasi," kata Rafles.

Apabila Rekan Dakta ingin mengundang Pemadam Kebakaran Kota Bekasi untuk melakukan sosialisasi kesiapsiagaan dan penanganan kebakaran di Kantor Dinas Pemadam Kebakaran Kota Bekasi, Jl. Komodo Raya No.1, Kayuringin, Bekasi Selatan, Kota Bekasi dan hubungi call center 021 889 578 05.

Sumber : Radio Dakta
- Dilihat 1089 Kali
Berita Terkait

0 Comments