Bekasi / Kabupaten /
Follow daktacom Like Like
Kamis, 01/11/2018 14:58 WIB

Warga Desa Setia Asih Pamerkan Batik Samara yang Mendunia

Desa Setia Asih memamerkan batik Samara di Bekasi Tourism Exhibition
Desa Setia Asih memamerkan batik Samara di Bekasi Tourism Exhibition
CIKARANG, DKTA.COM - Desa Setia Asih tidak ketinggalan berpartisipasi pada Bekasi Tourism Exhibition yang terselenggara di Aula Gedung Wibawa Mukti, Cikarang Timur, Kamis (1/11/2018).
 
Desa yang berada di Kecamatan Tarumajaya itu memamerkan produk unggulan, yakni batik Samara yang diserbu pengunjung dari berbagai daerah.
 
Motif dan corak batik Samara terbilang berbeda dengan batik lainnya dan mencerminkan motif khas Kabupaten Bekasi dengan menampilkan motif daun eceng gondok, ikan gabus, dan lainnya. Sehingga mata siapapun yang memandang dapat memahami bahwa itu batik Bekasi.
 
"Batik Samara merupakan buatan asli warga Desa Setia Asih yang dikerjakan dengan memperdayakan masyarakat setempat dan diajarkan oleh ibu PKK Desa Setia Asih," kata Kepala Desa Setia Asih Siti Qomariah kepada Dakta.
 
"Intinya Bekasi banget pokoknya," lanjut Qomariah tersenyum.
 
Selain memamerkan batik Samara, Desa Setia Asih juga menyajikan kuliner seperti dodol dan telur asin khas Bekasi.
 
"Kami akan memanfaatkan dan meperdayakan masyarakat agar memiliki pendapat untuk meningkatkan ekonomi keluarga. Selain itu dengan jumlah warga yang berada di tiga dusun nanti semua akan kami berdayakan," katanya.
 
Untuk itu kebanyakan ibu rumah tangga yang dipekerjakan, sehingga mereka tidak lagi harus mengandalkan pendapat dari suaminya saja.
 
Menurut Qomariah, masyarakat Desa Setia Asih sangat bangga dan termotivasi, terlebih batik yang dibuatnya sudah mendunia karena mendapat pesanan dari negara Jepang dan juga dari provinsi lainnya di Indonesia.
 
"Yang lebih membanggakan, masyarakat batik buatannya juga dijadikan ikon oleh Bupati Bekasi dan juga Plt Bupati Eka Supria Atmaja," imbuhnya.
 
Pohon tablo atau pohon hias yang dilengkapi dengan pernak-pernik berupa capung dan kupu-kupu, kata Qomariah, digemari karyawan Pemkab Bekasi. Katanya, itu merupakan pesanan Bupati Bekasi dan karya warga Setia Asih. **
Editor :
Sumber : Radio Dakta
- Dilihat 2320 Kali
Berita Terkait

0 Comments