Nasional /
Follow daktacom Like Like
Rabu, 31/10/2018 09:25 WIB

Pencarian Kotak Hitam dengan Sonar Butuh Proses

Tim penyelam bersiap untuk melakukan pencarian korban
Tim penyelam bersiap untuk melakukan pencarian korban
KARAWANG, DAKTA.COM - Alat Sonar di Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) Rigel serta peralatan deteksi di beberapa kapal yang ada di perairan Tanjung Kabupaten Karawang hingga kini belum menemukan kotak hitam dan badan pesawat Lion Air JT 610. 
 
Dansat Kopaska Koarmada I Letkol Laut (P) Johan Wahyudi menyebut untuk pencarian dengan mengunakan sonar dan peralatan deteksi yang ada di KRI Rigel dan beberapa kapal lainnya di perairan Tanjung Karawang membutuhkan proses, waktu, dan analisa untuk menemukan badan pesawat Lion Air serta kotak hitam.
 
"Apalagi wilayah deteksi sangat luas di lepas pantai perairan utara Bekasi-Karawang," kata Johan, Selasa (31/10).
 
Ia mengatakan, alat sonar dan alat deteksi dari kapal-kapal tersebut masih melakukan pendeteksian di bawah dan di permukaan laut hingga batas waktu yang tidak ditentukan.
 
"Alat sonar itu bisa mendeteksi logam meski tertutupi lumpur, sementara kondisi di bawah permukaan laut berdasarkan proses penyelaman, lumpur sangat tebal sekitar setengah meter di kedalaman 27 meter," ungkapnya.
 
Sementara itu terkait dengan penyelaman di bawah permukaan air dalam upaya mencari korban maupun benda yang spesifik, Johan menyebut sejauh ini masih terus diupayakan.
 
"15 titik telah dilakukan penyelaman dengan kedalaman 27-31 meter, tetapi belum juga menemukan titik temu keberadaan badan pesawat dan benda-benda spesifik," katanya. **
Reporter : Ardi Mahardika
Editor :
- Dilihat 602 Kali
Berita Terkait

0 Comments