Bekasi / Kabupaten /
Follow daktacom Like Like
Kamis, 25/10/2018 11:05 WIB

Cara Bijak Menahan Hasrat Saat Diskon

Bincang Keuangan bersama Pakar Keuangan, Osrinita Oesman
Bincang Keuangan bersama Pakar Keuangan, Osrinita Oesman
BEKASI, DAKTA.COM - Manusia terbiasa khilaf apabila datang ke supermarket untuk belanja apalagi kalau melihat barang diskon atau cuci gudang, terkadang tanpa pikir panjang langsung membelinya.
 
Pakar Keuangan, Osrinita Oesman mengatakan untuk menghindari membeli barang yang sesuai kebutuhan atau hanya keinginan saja, harus di list terlebih dahulu.
 
"Diskon itu salah satu taktik dari marketing, biasanya cara penawarannya mendesak konsumen dan mengiming-imingi jumlah barang yang tersedia terbatas, supaya konsumen terpengaruh untuk membeli," katanya dalam Bincang Keuangan di Radio Dakta, Kamis (25/10).
 
Ia memaparkan, tips untuk menghindari penawaran-penawaran seperti itu dan menyiasati hasrat untuk belanja yang mengakibatkan pengeluaran membengkak.
 
"Kita harus mempertimbangkan antara keinginan dan kebutuhan. Kalau barang itu sudah sangat mendesak misalnya barang elektronik seperti HP lebih baik nyicil daripada menunggu sale," ucapnya
 
Menurutnya, jika ingin berbelanja atau jalan-jalan ke mal harus membawa uang pas dan yang paling penting adalah merinci barang apa yang perlu untuk dibeli. Hal itu untuk mengindari hasrat yang muncul ketika berbelanja apalagi ketika ada diskon.
 
"Kalau misalnya engga tahan banget mau beli, lebih baik enggak usah pergi ke mal dan diam di rumah saja. Tetapi semua itu balik lagi ke kita bagaimana menggunakan uang secara bijak," jelasnya.
 
Ia meyampaikan bahwa pentinya seorang wanita yang biasa mengelola keuangan untuk mempunyai list shopping sehingga apapun yang hendak dibeli sudah tercatat. **
Editor :
Sumber : Radio Dakta
- Dilihat 1858 Kali
Berita Terkait

0 Comments