Bekasi /
Follow daktacom Like Like
Selasa, 23/10/2018 10:20 WIB

Pentingnya Perilaku Sigap Bencana

Pelatihan Psikologi Penanganan Korban Bencana Alam
Pelatihan Psikologi Penanganan Korban Bencana Alam
BEKASI, DAKTA.COM - Evakuasi tanggap darurat terhadap korban bencana menjadi salah satu upaya memberikan pertolongan kepada korban bencana. Beberapa bencana seperti di Lombok, Palu dan Donggala menjadi catatan agar dapat melakukan pertolongan secara maksimal. 
 
Kepala Seksi (Kasie) Organisasi Masyarakat Nasional BNPB, Hesty Widi Astuty dalam Pelatihan Psikologi Penanganan Korban Bencana Alam, bertempat di aula Islamic Center Kota Bekasi, Selasa (23/10), mengatakan bahwa semua manusia adalah relawan dan harus mengetahui bagaimana ketika ada bencana atau musibah untuk mempersiapkan penanganan tercepat.
 
"Dalam membantu korban bencana perlu kesiagaan dari relawan-relawan. Sebab, saat kita berada di wilayah bencana, kita akan menemukan berbagai persoalaan kebencanaan. Sehingga kita harus siaga dengan pembekalan di lapangan," ujar Hesty. 
 
Sementara itu, Psikolog Asep Haerul Gani menambahkan, dalam penanganan korban bencana yakni dapat dilihat dari berbagai sektor. 
 
"Sebagai contoh, kita mengecek dari sektor keamanan. Bahaya apa yang kita amati, seperti rumuh rubuh dan alam retak," papar Asep. 
 
Tidak hanya itu, menurut Asep, dalam membantu penanganan korban bencana para relawan harus mengenali kultur dengan hormat sesuai budaya setempat. 
 
"Ini juga penting, yakni rancang harapan dalam memulihkan psikolog korban bencana. Sehingga kehadiran kita terarah," pungkasnya. **

 

Reporter :
Editor :
- Dilihat 720 Kali
Berita Terkait

0 Comments