Bekasi / Kabupaten /
Follow daktacom Like Like
Jum'at, 19/10/2018 08:31 WIB

Pembahasan Anggaran 2019 Tertunda Akibat Penangkapan Bupati Bekasi

Bupati Bekasi Neneng Hasanah tiba di Kantor KPK (Istimewa)
Bupati Bekasi Neneng Hasanah tiba di Kantor KPK (Istimewa)
CIKARANG, DAKTA.COM - Penangkapan Bupati Bekasi, Neneng Hasanah Yasin oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) berdampak pada pembahasan anggaran 2019. Karena hingga Oktober 2018, nota Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) belum diterima DPRD Kabupaten Bekasi.
 
Ketua DPRD Kabupaten Bekasi Sunandar mengatakan karena belum ada pendelegasian dari eksekutif, maka legislatif sampai saat ini masih menunggu.
 
"Berdasarkan tahun sebelumnya, pembahasan KUA-PPAS menjadi Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) dimulai pada Oktober. Namun karena Bupati Bekasi ditangkap KPK, sehingga pembahasan anggaran kemungkinan akan tertunda," kata dia di Cikarang, Kamis (19/10).
 
Ia berharap setelah ada penunjukan pelaksana tugas yang dijabat oleh Wakil Bupati Bekasi, prosesnya bisa berjalan secepatnya. 
 
Selain pembahasan anggaran, dua agenda paripurna lainnya juga terpaksa ditertunda. Dua agenda tersebut yakni pengambilan keputusan akhir penetapan Raperda Penyertaan Modal PDAM dan BJB.
 
“Saya berharap tidak molor (pembahasan anggaran 2019). Karena surat (penunjukkan Plt) dari Mendagri sudah turun. Jadi kita menunggu setelah pelantikannya,” katanya.
 
Ia mengakui, pembahasan tersebut memang belum dimulai. Tetapi pihaknya mendapat surat beberapa hari lalu dari Neneng Hasanah Yasin untuk membahas KUA-PPAS.
 
“Hasil evaluasi 2018 juga sudah dibahas dan kita masih menunggu penandatanganan dari pihak eksekutif,” lanjutnya.
 
Menurutnya, pada Rabu (17/10) kemarin, DPRD Kabupaten Bekasi menggelar rapat paripurna Penyertaan Modal PDAM dan BJB. Namun hal itu batal karena penangkapan Bupati Bekasi oleh KPK.
 
“Tapi mudah-mudahan akhir November bisa selesai pembahasannya (anggaran 2019),” katanya.
 
Sekadar diketahui, pada 2017 lalu pembahasan KUA-PPAS mulai dilakukan pada Oktober. Sekitar dua minggu kemudian dilanjutkan dengan R-APBD 2018. Selanjutnya APBD 2018 disahkan pada November 2017. **
Reporter : Ardi Mahardika
Editor :
- Dilihat 1429 Kali
Berita Terkait

0 Comments