Bekasi / Kota /
Follow daktacom Like Like
Kamis, 18/10/2018 13:32 WIB

Realisasi 1000 Taman Kota Bekasi Terhambat Pengadaan Lahan

Taman Kota Bekasi 1
Taman Kota Bekasi 1
BEKASI, DAKTA.COM - Kepala Bidang Penataan Ruang Dinas Tata Ruang Kota Bekasi, Zikron mengungkap bahwa dalam setiap tahunya puluhan taman baru dibangun Pemerintah Kota Bekasi. Akan tetapi persoalan lahan dan anggaran masih menjadi salah satu faktor yang harus diupayakan. 
 
"Tahun ini ada pembangunan sekitar 30 titik, selain yang dibangun pihak ketiga. Kalau total yang sudah dibangun sekitar ratusan di 56 Kelurahan se Kota Bekasi," kata Zikron, Kamis (18/10). 
 
Upaya pendataan dan pengambil alihan kewenangan pengelolaan fasilitas umum dan sosial yang saat ini belum diserahkan ke Pemkot Bekasi menjadi salah satu program pendukung pembangunan 1000 taman di 12 Kecamatan. Mengingat saat ini belum seluruhnya pengembang perumahan menyerahkan lahan fasilitas sosialnya. 
 
"Lahan kan juga harus dicari, untuk lokasi atau titik pembangunan taman. Ya kita upaya lima tahun ini bisa mewujudkan 1000 taman di Kota Bekasi," terang Zikron.
 
Program 1000 taman menjadi salah satu prioritas pembangunan berwawasan lingkungan yang digagas Pemerintah Kota Bekasi, tetapi hingga saat ini masih terseok-seok. Pasalnya selain kekurangan lahan hijau, saat ini anggaran pengadaan pembangunan taman baru masih tergolong minim. 
 
"Kita akan terus upayakan. Memang masih perencanaan anggaran dan lahan, tetapi yang jelas polder air yang saat ini kita bangun juga sebagai taman. Selain kita ikut sertakan pihak ketiga untuk membangun taman-taman bermain baru," ungkap Wali Kota Kota Bekasi Rahmat Effendi, Kamis (18/10). 
 
Rahmat menuturkan bahwa langkah pengadaan pembuatan 1000 taman bukan persoalan mudah, karena harus memakan waktu lama untuk mewujudkanya. Meski demikian upaya dan pembangunan taman baru menurutnya terus di lakukan. 
 
"Kita tidak diam, tetapi bertahap dan terus menerus kita tambah jumlahnya dan perawatan taman yang sudah ada," ujarnya. **
Reporter : Warso Sunaryo
Editor :
- Dilihat 2039 Kali
Berita Terkait

0 Comments