Bekasi /
Follow daktacom Like Like
Jum'at, 12/10/2018 09:34 WIB

Katarak Penyakit Keturunan: HOAX!

Bincang Sehat bersama dr. Intan Ramli, Sp.M dari RS Mitra Keluarga Bekasi tentang katarak
Bincang Sehat bersama dr. Intan Ramli, Sp.M dari RS Mitra Keluarga Bekasi tentang katarak
BEKASI, DAKTA.COM - Resiko penyakit katarak dapat menimpa siapa pun, oleh sebab itu kita dianjurkan untuk menjaga mata agar terhindar dari penyakit katarak. Katarak sendiri adalah penyakit degeneratif, artinya katarak ini bukan lah penyakit keturunan.
 
Hal tersebut disampaikan oleh dr Intan Ramli, Sp.M dari Mitra Keluarga Bekasi Timur dalam Bincang Sehat di Radio Dakta, Jumat (12/10).
 
"Penyakit katarak ini timbul bermacam-macam, tetapi sebagian besar katarak disebabkan oleh proses penuaan. Lebih dari 50 persen katarak terjadi pada usia di atas 55 tahun, dan lebih dari 70 persen terjadi di atas usia 70 tahun," papar dr Intan.
 
Bukan hanya itu, lanjutnya, penyebab timbulnya katarak dapat lebih cepat terjadi jika seseorang memiliki penyakit sistemik seperti diabetes mellitus dan infeksi dalam kehamilan seperti terpapar virus Rubella sehingga dapat menimbulkan katarak pada bayi baru lahir.
 
"Selain itu, faktor lain yang dapat menyebabkan katarak di antaranya pemakaian obat-obatan mata tanpa resep dokter dalam jangka panjang, cidera mata, peradangan mata berulang, dan paparan sinar matahari berlebih," jelasnya.
 
Menurutnya, gejala katarak timbul apabila seseorang mengeluhkan tajam penglihatannya berangsur menurun tanpa disertai mata merah dan sakit, buram seperti melihat kabut yang menghalangi, sering berganti ukuran kacamata, silau jika berada di tempat yang terang, serta jika katarak sudah memasuki stadium lanjut, pupil mata akan terlihat putih.
 
"Jika mata sudah terkena penyakit katarak, solusi pengobatannya harus dengan operasi katarak. Hal itu bertujuan untuk mengeluarkan lensa mata yang keruh dan diganti dengan lensa tanam buatan yang baru. Operasi dilakukan dengan menggunakan mikroskop dan alat bedah mikro," imbuhnya.
 
Ia menyampaikan, untuk mendeteksi atau mengetahui apakah gangguan tajam penglihatan disebabkan oleh katarak atau lainnya, maka harus dilakukan pemeriksaan yang lengkap oleh dokter mata.
 
Rekan dapat mengunjungi Mitra Keluarga Bekasi Timur di Jalan Pengasinan, Rawa Semut, Margahayu, Bekasi Timur. Untuk informasi lebih lanjut hubungi (021) 89999222 atau kunjungi website www.mitrakeluarga.com. 

 

Editor : Asiyah Afifah
Sumber : Radio Dakta
- Dilihat 176 Kali
Berita Terkait

0 Comments