Nasional /
Follow daktacom Like Like
Senin, 08/10/2018 11:00 WIB

Forjim Bersama Pesantren Cendekia Amanah Gelar Pelatihan Jurnalistik

Pimpinan Pesantren Cendekia Amanah Cilodong, Depok, KH Cholil Nafis
Pimpinan Pesantren Cendekia Amanah Cilodong, Depok, KH Cholil Nafis
DEPOK, DAKTA.COM - Pesantren Cendekia Amanah Cilodong, Depok, Jawa Barat pimpinan KH Cholil Nafis bekerja sama dengan Forum Jurnalis Muslim (Forjim) akan menggelar pelatihan video jurnalistik dakwah One Masjid One Journalist (OMOJ). Acara ini rencananya digelar pada pertengahan November 2018 di Masjid Pesantren Cendekia Amanah yang akan mengundang remaja dan pemuda masjid se kota Depok.
 
Kyai Cholil Nafis menyambut baik kerja sama program ini. Kyai Cholil mengatakan, pihaknya bekerja sama dengan Forjim bukan kali pertama. “Saya sudah kenal lama dengan Forjim. Belum lama, Komisi Dakwah MUI yang saya pimpin juga pernah kerja sama dengan Forjim menggelar diskusi soal dakwah di medsos,” ungkap Kyai Cholil yang juga Ketua Komisi Dakwah Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat ketika menerima kunjungan pengurus Forjim di Pesantren Cendekia Amanah, Sabtu (6/10) siang.
 
Menurut Kyai Cholil, saat ini umat manusia tidak bisa menghindari dampak kecanggihan teknologi informasi. Kecanggihan teknologi ini bisa digunakan untuk menyebar konten negatif dan positif. 
 
“Teknologi informasi ini bisa dijadikan sarana untuk menyampaikan pesan atau konten dakwah. Pelatihan ini diharapkan membangun kesadaran generasi muda Islam untuk berdakwah melalui media video,” ujar Kyai Cholil.
 
Sementara itu, Sekretaris Umum Forjim Ibnu Syafaat mengungkapkan program jurnalistik dakwah One Masjid One Journalist ini merupakan upaya Forjim membangun kesadaran literasi generasi muda. 
 
“Saat ini konten hoaks begitu massif tersebar di tengah masyarakat. Untuk menangkal hoaks, generasi muda perlu dibangun kesadaran literasi. Ini merupakan salah satu tanggung jawab jurnalis Muslim. Pelatihan jurnalistik dakwah ini memberikan pembelajaran agar generasi muda selalu melakukan verifikasi atau tabayun terhadap informasi yang diterima,” ungkap Syafaat. 
 
Syafaat menyatakan, pelatihan ini sudah berlangsung di beberapa kota di Indonesia. “Pelatihan One Masjid One Journalist merupakan program unggulan Forjim. Sudah ada lima angkatan dari pelatihan ini. Pelatihan sudah kami gelar di beberapa kota seperti Jakarta, Bekasi, Bandung, Lombok Timur, dan Bogor,” jelas Syafaat.
 
Kemudian dalam waktu dekat, pelatihan jurnalistik dakwah rencananya digelar di Tasikmalaya, Wonogiri, Sukoharjo, Karanganyar, dan Batam. **
 
Editor : Asiyah Afifah
Sumber : Rilis Forjim
- Dilihat 105 Kali
Berita Terkait

0 Comments