Nasional /
Follow daktacom Like Like
Senin, 08/10/2018 10:15 WIB

Organda DKI Akan Terapkan Penghargaan dan Sanksi Bagi Sopir Angkot

Ketua Organda DKI Jakarta, Shafruan Sinungan
Ketua Organda DKI Jakarta, Shafruan Sinungan
JAKARTA, DAKTA.COM - Ketua Organda DKI Jakarta, Shafruan Sinungan akan menerapkan sistem penghargaan dan sanksi bagi para supir angkutan umum dalam rangka meningkatkan produktivitas mereka. 
 
Di sela-sela rapat gabungan untuk membahas program integrasi angkutan umum di wilayah DKI Jakarta, Shafruan mengemukakan masih banyaknya keluhan masyarakat terhadap para sopir angkutan umum yang terlalu lama dalam menunggu penumpang sehingga menghabiskan waktu mereka. 
 
"Betul itu, kami masih banyak mendapatkan keluhan dari masyarakat 'Wah, kok lama banget sih? Nggak jalan-jalan', makanya ini sedang kami evaluasi gimana caranya menghilangkan kebiasaan mengetem ini," tutur Shafruan di Balaikota, Senin (8/10).
 
Shafruan menyampaikan akan menerapkan sistem penghargaan dan sanksi bagi mereka agar tidak terlalu menghabiskan waktu hanya untuk menunggu penumpang.
 
"Mungkin nanti akan kita terapkan reward and punishment yang jelas, jadi mereka jangan cuma nongkrong-nongkrong aja tapi nggak narik. Ini nanti akan meningkatkan produktivitas mereka," imbuhnya. 
 
Angkutan umum di Jakarta dinilai mempunyai banyak permasalahan sehingga ikut memberi pengaruh terhadap kemacetan yang terus terjadi. 
 
Permasalahan tersebut adalah pengembangan angkutan massal yang belum berjalan dengan baik, seperti belum seluruh koridor busway beroperasi, banyak trayek bus yang berimpitan dengan trayek busway. 
 
Selain itu, terlalu banyak operator yang melayani satu rute, kondisi fisik dan kinerja armada yang kurang baik, serta sistem setoran yang memengaruhi perilaku sopir untuk tidak tertib di jalan. **
Reporter : Boy Aditya
Editor : Asiyah Afifah
- Dilihat 145 Kali
Berita Terkait

0 Comments