Bekasi /
Follow daktacom Like Like
Kamis, 04/10/2018 10:44 WIB

Strategi Inspektorat Kota Bekasi Wujudkan Kapabilitas APIP Level Tiga

Bincang Publik bersama Inspektur Pembantu Wilayah II, Tugiman SH, M. Si
Bincang Publik bersama Inspektur Pembantu Wilayah II, Tugiman SH, M. Si
BEKASI, DAKTA.COM - Inspektorat Kota Bekasi melakukan penilaian terhadap elemen Aparatur Pengawasan Instansi Pemerintah (APIP) untuk mewujudkan kapabilitas berada pada level tiga. Sehingga diharapkan mampu menerapkan praktik profesional internal secara seragam dan selaras sepenuhnya dengan standar audit.
 
"PK APIP yang dinilai terdiri dari enam elemen di antaranya, peranan dan pelayanan APIP; pengelolaan SDM; praktek profesional; akuntabilitas dan manajemen kinerja; budaya dan hubungan organisasi; struktur tata kelola," papar Inspektur Pembantu Wilayah II, Tugiman, SH, M. Si dalam Bincang Publik di Radio Dakta, Kamis (4/10).
 
Tugiman menjelaskan, strategi yang dilakukan Inspektorat Daerah Kota Bekasi dalam rangka mewujudkan kapabilitas APIP mencapai level tiga yaitu membuat rencana capaian kapabilitas di lingkungan APIP Inspektorat Daerah Kota Bekasi dari tahun 2015-2019, melakukan Self-Assessment dan Self-Improvement, dan menindaklanjuti hasil Quality Assurance yang telah dilakukan oleh Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP).
 
"Sementara untuk strategi pendukungnya sendiri yaitu ketersediaan dana dan prasarana yang memadai, dukungan dari Wali Kota Bekasi dan seluruh jajaran pemimpin, serta peningkatan kapasitas dan kapabilitas yang dilakukan secara terus-menerus," katanya.
 
Namun, ia menambahkan bahwa hasil Quality Assurance Peningkatan Kapabilitas Aparatur Pengawasan Instansi Pemerintah (PK-APIP) level tiga kabupaten/kota  sampai hari ini, Kamis (4/10) belum juga diterima oleh Inspektorat Kota Bekasi. **
Editor : Asiyah Afifah
Sumber : Radio Dakta
- Dilihat 226 Kali
Berita Terkait

0 Comments