Internasional / Amerika /
Follow daktacom Like Like
Ahad, 21/06/2015 09:35 WIB

Anak Osama bin Laden Minta Sertifikasi Kematian Ayahnya

Osama bin Laden   Copy
Osama bin Laden Copy

RIYADH_DAKTACOM:  Seorang anak lelaki pemimpin Alqaeda Osama bin Laden meminta surat kematian sang ayah kepada Amerika Serikat setelah pasukan khusus Navy SEALS membunuhnya, demikian bunyi sebuah surat yang dibocorkan oleh WikiLeaks, Kamis waktu AS.

Surat yang katanya berasal dari Kedutaan Besar AS di Riyadh itu adalah salah satu dari sekitar 70.000 dokumen yang dinamai "Kabel Saudi" yang disiarkan oleh laman peniup peluit itu.

Ribuan dokumen itu adalah bagian dari setengah juta kawat diplomatik dan dokumen-dokumen lain dari kementerian luar negeri Saudi dan lembaga-lembaga lain di Negeri Kerajaan yang menurut WikiLeaks akan dirilis dalam beberapa pekan ke depan.

Surat itu ditandatangani oleh Glen Keiser, Konsul Jenderal AS di Riyadh dan ditujukan kepada Abdullah bin Laden pada 9 September 2011, sekitar empat bulan setelah penggerebekan AS membunuh ayahnya di Pakistan setelah satu dekade diburu.

"Saya telah menerima permintaan sertifikat kematian atas nama ayah Anda, Usama bin Laden," tulis Keiser.

Para pakar hukum pada Departemen Luar Negeri AS menyebutkan tidak ada dokumen semacam itu yang disiarkan, kata dia.

"Ini konsisten dengan praktik biasa untuk individu-individu yang terbunuh dalam tugas operasi militer."

Alih-alih, Keiser malah memberi Abdullah bin Laden catatan pengadilan AS yang mengonfirmasi kematian sang ayah, dan akibatnya menimbulkan kasus kriminal kepadanya.

"Saya berharap dokumen-dokumen pemerintah AS ini membantu Anda dan keluarga Anda," kata Keiser.

Keluarga Bin Laden adalah keluarga pengusaha terpandang di Saudi . Kerajaan Saudi mencabut kewarganegaraan Osama bin Laden pada 1994, demikian AFP.

 

Editor :
Sumber : ANTARA News
- Dilihat 3340 Kali
Berita Terkait

0 Comments