Nasional /
Follow daktacom Like Like
Selasa, 25/09/2018 11:41 WIB

Habib Rizieq Serukan Nobar Film G-30 S/PKI

Imam Besar Front Pembela Islam, Habib Rizieq Shihab (foto: Istimewa)
Imam Besar Front Pembela Islam, Habib Rizieq Shihab (foto: Istimewa)
JAKARTA, DAKTA.COM - Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab menyerukan masyarakat agar mengadakan acara nonton bareng (nobar) film Penumpasan Pengkhianatan G-30 S/PKI di berbagai lokasi. Rizieq juga mengimbau agar bendera Merah Putih dipasang setengah tiang pada 30 September mendatang
 
Seruan Rizieq itu beredar di Twitter dalam bentuk poster digital. Saat dihubungi, Juru bicara FPI Slamet Maarif membenarkan Rizieq memang menyerukan hal tersebut.
 
"Agar bangsa Indonesia tidak lupa sejarah," ucap Slamet saat dihubungi, Selasa (25/9).
 
Slamet mengatakan Rizieq tak ingin masyarakat lupa atas riwayat kekejaman dan kekerasan PKI di masa lampau.
 
"Ayo nonton bareng film Pengkhianatan G30S/PKI setiap tanggal 30 September. Pasang bendera Merah Putih setengah tiang," mengutip seruan Rizieq yang beredar di Twitter.
 
"Kumpul di rumah, majelis, madrasah, pesantren, kantor, gedung pertemuan, lapangan terbuka, alun-alun, hotel, restoran dan sebagainya," lanjut Rizieq.
 
Tak hanya memberikan seruan pria yang berada di Arab Saudi sejak April 2017 silam, poster terkait itu pun mencamtumkan tautan untuk mengunduh film yang disutradarai Arifin C Noer.
 
Flayer seruan Habib Rizieq nobar film G-30 S PKI (foto: Twitter)
 
Tak hanya itu, Rizieq pun meminta seluruh stasiun televisi di Indonesia untuk menayangkan film tersebut. Penayangan wajib film pemberontakan G-30 S/PKI itu pada masa Orde Baru. Pada September 1998 atau empat bulan setelah Presiden kedua RI Soeharto film tersebut pun tak lagi jadi bahan tontontan wajib.
 
Penumpasan Pengkhianatan G-30 S/PKI yang dirilis pada 1984 menjadi film komersial pertama yang berani bercerita soal peristiwa seputar pemberontakan pada 1965. Pada tahun rilisnya, film itu dinominasikan memperoleh tujuh penghargaan di Festival Film Indonesia dan membawa pulang satu piala. **
 
Editor :
Sumber : CNN Indonesia
- Dilihat 1301 Kali
Berita Terkait

0 Comments