Bekasi /
Follow daktacom Like Like
Jum'at, 21/09/2018 09:28 WIB

Jangan Anggap Sepele Sakit Mag dan Asam Lambung

Bincang Sehat bersama dr. Suwito Indra, Sp.PD-KGEH dari RS Mitra Keluarga Bekasi
Bincang Sehat bersama dr. Suwito Indra, Sp.PD-KGEH dari RS Mitra Keluarga Bekasi
BEKASI, DAKTA.COM - Penyakit asam lambung dan mag sering menjadi keluhan masyarakat Indonesia. Keduanya kerap kali dianggap sama serta disepelekan.
 
dr Suwito Indra, Sp.PD-KGEH dari RS Mitra Keluarga Bekasi menjelaskan, biasanya sakit mag menggambarkan suatu konsep yang dalam kedokteran dikenal sebagai dispepsia. Sedangkan asam lambung menggambarkan suatu kondisi yang di dalam kedokteran disebut refluks Gastro esofagel (GERD).
 
"Mag atau dispepsia menimbulkan ketidaknyamanan pada saluran pencernaan bagian atas. Kalau asam lambung, kondisi di mana naiknya asam lambung menuju kerongkongan," kata dr Suwito dalam Bincang Sehat di Radio Dakta, Jumat (21/9).
 
Ia mengatakan, beberapa orang menganggap sepele penyakit mag dan asam lambung, padahal kalau sudah kronik dapat menyebabkan sakit yang berkepanjangan bahkan kematian.
 
"Sebenarnya asam lambung bukan hanya merupakan satu-satunya penyebab keluhan di perut. Asam lambung dapat menyebabkan kelainan di luar lambung, seperti menyebabkan radang pada esofagus, mencetuskan asma, dan sakit tenggorokan berulang," jelasnya.
 
Mengalami stres menjadi salah satu pemicu terjadinya sakit mag. Penderita sakit mag akan merasakan nyeri pada ulu hatinya.
 
"Penyakit mag dan asam lambung tidak selalu dapat diselesaikan dengan obat penekan atau penetral. Tidak jarang diperlukan berbagai upaya untuk menyesuaikan pola hidup dan pola makan," ucapnya.
 
Ia menganjurkan kepada penderita mag dan asam lambung untuk  menjaga pola makan dan menghindari makanan atau minuman yang memicu penyakit, salah satunya makanan pedas yang berlebihan. 
 
Saat ini RS Mitra Keluarga Bekasi sedang mengadakan promo seperti program tabungan buah hati mitra, promo paket katarak, dan lainnya. Informasi lebih lanjut dapat mengunjungi website www.mitrakeluarga.com atau datang langsung ke RS Mitra Keluarga Bekasi di Jl. Jendral Ahmad Yani, Kayuringin Jaya, Kota Bekasi.
Editor :
Sumber : Radio Dakta
- Dilihat 6354 Kali
Berita Terkait

0 Comments