Nasional /
Follow daktacom Like Like
Kamis, 20/09/2018 11:30 WIB

Baznas Ungkap Potensi Pengelolaan Zakat Bisa Capai 3,4% PDB

Sambutan Ketua Baznas Bambang Sudibyo, di acara forum diskusi bertema Zakat Sebagai Investasi Sosial
Sambutan Ketua Baznas Bambang Sudibyo, di acara forum diskusi bertema Zakat Sebagai Investasi Sosial
JAKARTA, DAKTA.COM - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) menggelar acara forum diskusi bertema Zakat Sebagai Investasi Sosial untuk meningkatkan pengelolaan zakat di Indonesia. 
 
Usai memberikan kata sambutannya, Ketua Baznas Bambang Sudibyo mengatakan bahwa potensi pengelolaan zakat di Indonesia bisa lebih besar daripada yang tercatat oleh mereka. 
 
"Pasalnya masih banyak masyarakat yang menyalurkan zakat secara langsung tanpa melalui Baznas atau LAZ yang terdaftar, sehingga itu tidak tercatat oleh kami," ungkap Bambang di Gedung PP Muhammadiyah Menteng, pada Kamis (20/9).
 
Bambang menyebut bahwa potensi pengelolaan zakat ini jika dimaksimalkan bisa mencapai 3,4% dari produk domestik bruto (PDB) di mana saat ini baru tercapai hanya sekitar 2,29%. 
 
"Maka dari itu kami terus berinovasi dalam melakukan pengelolaan zakat, seperti membangun teknologi microhydro di Jambi itu sumber dananya dari zakat," tutupnya. 
 
Berdasarkan data yang diperoleh dari Baznas, pada tahun lalu mereka berhasil mengumpulkan dana zakat hingga sebesar Rp6,22 triliun atau meningkat sebanyak 30% dibandingkan tahun sebelumnya. Namun sayangnya hal ini masih jauh dari potensi yang ditaksir dapat mencapai Rp217 triliun. **
 
Reporter :
Editor :
- Dilihat 1268 Kali
Berita Terkait

0 Comments