Bekasi / Kabupaten /
Follow daktacom Like Like
Jum'at, 14/09/2018 08:08 WIB

Kemnaker Gencar Tingkatkan SDM Melalui GNK

Seminar sosialisasi HRD perusahaan di wilayah Kabupaten Bekasi
Seminar sosialisasi HRD perusahaan di wilayah Kabupaten Bekasi
CIKARANG, DAKTA.COM - Pemerintah melalui Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) terus menggencarkan peningkatan sumber daya manusia (SDM) melalui Gerakan Nasional Indonesia Kompeten (GNIK).
 
Kampanye GNIK bagi Human Resources Development (HRD) telah dilakukan di kawasan industri Kabupaten Bekasi yang berlangsung di Hotel Sahid Jaya Lippo Cikarang, Bekasi, Kamis (14/9).
 
Ketua Dewan Pengurus Nasional (DPN) Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO), Hariyadi Sukamdani saat ditemui usai menghadiri acara tersebut mengatakan bahwa program GNIK merupakan inisiasi dari pemerintah dalam hal ini Kemnaker untuk meningkatkan sumber daya manusia.
 
"Program tersebut diharapkan dapat berjalan, sehingga kualitas SDM di Kabupaten Bekasi memiliki kompetensi yang sesuai dengan standar," ucapnya.
 
Pemerintah memiliki anggaran bekerja sama bersama praktisi HRD yang memiliki tempat dan kapasitas dalam sertifikat kompetensi.
 
"Tetapi perlu diperhatikan dalam program itu terkait dengan output-nya, jangan sampai setelah diberikan pelatihan, SDM kesulitan mendapatkan pekerjaan, oleh karenanya pemerintah harus mendukung seluas-luasnya lapangan pekerjaan," ujarnya.
 
Hariyadi menyebut, pemerintah juga harus menciptakan iklim usaha yang kondusif, jangan sampai setiap tahunnya terjadi politisasi ketenagakerjaan di mana pekerja dan pengusaha saling bertikai karena persoalan upah dan sebagainya.
 
"Persoalan upah membuat iklim investasi terganggu, dan yang paling berpengaruh dalam kondisi itu adalah industri padat karya yang mencakup jumlah pekerja paling besar dan makin lama sektor usaha dari industri makin menurun," pungkasnya. **
Reporter : Ardi Mahardika
Editor : Asiyah Afifah
- Dilihat 726 Kali
Berita Terkait

0 Comments