Bekasi /
Follow daktacom Like Like
Kamis, 13/09/2018 15:24 WIB

Sapu Lidi Millenial Ajak Masyarakat Perangi Hoaks

Bincang Publik bersama Relawan Sapu Lidi Millenial
Bincang Publik bersama Relawan Sapu Lidi Millenial
BEKASI, DAKTA.COM - Di era digital saat ini informasi cepat sekali tersebar luas di masyarakat ataupun media sosial. Sebagai pengguna media sosial kita harus cermat membedakan antara hoaks atau bukan.
 
Dengan mengecek kebenaran informasi tersebut kita dapat terhindar dari berita bohong, karena hoaks mempunyai dampak yang sangat luar biasa bagi kehidupan.
 
Saat ini sudah banyak penggerak ataupun komunitas yang mengajak masyarakat untuk memerangi hoaks yang tersebar luas. Seperti komunitas Sapu Lidi Millenial.
 
Komunitas tersebut bergerak memerangi hoaks dan mengajak gerakan literasi di sekolah. Marlina, SE selaku Relawan Sapu Lidi Millenial mengatakan bahwa sebagai generasi penerus bangsa kita harus peka terhadap kebenaran dengan berupaya mencegah tersebarnya berita bohong melalui edukasi ke masyarakat.
 
"Hoaks itu sangat berbahaya, hal itu juga terdapat dalam Al Quran dan fatwa MUI pun sudah mengharamkan penyebaran hoaks, ujaran kebencian, dan kegiatan memecah belah persatuan," kata Marlina Setiawan, SE., dalam Bincang Publik bersama Sapu Lidi Millenial di Radio Dakta, Kamis (13/9).
 
Ia mengajak masyarakat bersama sama memerangi hoaks, dengan mengecek terlebih dahulu informasi yang di dapat melalui searching di google.
 
"Cara mengecek hoaks gampang banget tinggal searching di google, jika berita tersebut tidak ada pada media mainstream maka bisa dikatakan berita itu 99% hoaks," jelasnya.
 
Selain memerangi hoaks komunitas Sapu Lidi Millenial juga aktif sebagai penggerak literasi di sekolah. Gerakan Literasi Sekolah terdapat enam elemen yaitu digital, sains, numerik, budaya, finansial, dan kebahasaan.
 
"Literasi itu harus ditumbuhkan dari sekolah, dengan membaca para siswa diharapkan dapat menulis, dan mempraktekkannya dalam kehidupan sehari-hari," ucap Relawan  Sapu Lidi Millenial, Endah Priyati, M.Pd., yang hadir juga dalam talk show.
Editor : Asiyah Afifah
Sumber : Radio Dakta
- Dilihat 372 Kali
Berita Terkait

0 Comments