Bekasi / Kabupaten /
Follow daktacom Like Like
Rabu, 12/09/2018 16:25 WIB

Rupiah Anjlok, Pemerintah Diminta Mudahkan Bea Masuk Impor

Nilai rukar rupiah melemah
Nilai rukar rupiah melemah
CIKARANG, DAKTA.COM - Mata uang rupiah sempat mengalami pelemahan terhadap dollar amerika, nilai tukar mata uang Negeri Paman Sam itu sempat di angka Rp15.000, hal ini tentunya berdampak pengusaha yang menggunakan mata uang asing tersebut.
 
Ketua Forum Investor Bekasi Dedi Harsono menyebut melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dollar membawa dampak yang positif dan negatif bagi pengusaha di dalam negeri khususnya di Kabupaten Bekasi.
 
"Untuk usaha yang bahan bakunya dari dalam negeri mengirimkan barangnya ke luar negeri hal ini menguntungkan karena mendapatkan dollar, sementara pengusaha yang membeli barang dari luar negeri menggunakan dollar dan menjual barangnya ke pasar lokal tentunya merugi," jelas Dedi di Cikarang, Rabu (12/9).
 
Namun ia mengakui, kondisi melemahnya rupiah terhadap dollar saat ini sudah diantisipasi oleh pemerintah, terbukti lambat laun, rupiah mengalami penguatan meski tidak terlalu signifikan.
 
Dedi menyarankan agar pemerintah memberikan kemudahan bea masuk barang bahan baku impor sehingga usaha yang menggunakan bahan baku dari luar negeri tidak terlalu merugi.
 
"Selain itu, pemerintah juga harus mengupayakan agar bahan baku yang ada di luar negeri bisa di produksi di tanah air sehingga pengusaha tidak perlu membeli bahan baku dari luar," pungkasnya. **
Reporter : Ardi Mahardika
Editor : Asiyah Afifah
- Dilihat 708 Kali
Berita Terkait

0 Comments