Nasional / Pendidikan /
Follow daktacom Like Like
Jum'at, 19/06/2015 11:14 WIB

Ingin Anak Berkembang? Arahkan dengan Baik

Ilustrasi Perkembangan otak manusia
Ilustrasi Perkembangan otak manusia
BEKASI_DAKTACOM: Semua orangtua mengharapkan anaknya untuk dapat berkembang menjadi pribadi yang baik dan bisa dibanggakan, namun hal itu tak dapat terwujud jika orangtua tidak mengarahkan ataupun tidak membentuk psikis dan pola pikir anak.
 
Membentuk segi psikis anak, juga meliputi perkembangan mental, kepribadian, emosi dan sosial. Kemudian, untuk membentuk segi pola pikir agar dapat berpikir secara kritis, juga menjadi landasan penting untuk para orangtua. 
 
Semua itu harus dilakukan orangtua agar buah hatinya dapat menjadi pribadi yang unggul, dalam mencapai suatu tujuan hidup. Dalam pembentukan psikis dan pola pikir, orangtua harus sabar dan mampu menuntun anaknya, jangan sampai kita menjadi seseorang yang terlalu berambisi agar si anak dapat mencapai apa yang kita inginkan.
 
Jadilah orangtua yang bisa merangkap sebagai guru, sahabat dan teman main yang mengasyikkan selama proses pembentukan kedua segi tersebut berlangsung. Ingatlah, jangan sekalipun kita menyalahkan anak atau bahkan sampai membentak dan menyindir, karena itu akan mengganggu psikis dan pola pikirnya, jika itu terjadi anak akan merasa takut dan tidak nyaman dengan kondisi ini. Buatlah suasa mengalir, diskusikan apa yang ingin anak dan orangtua capai. Jadi, jika kita sebagai orangtua memahami apa itu sebuah proses, maka kita tak akan menyalahkan, membentak dan menyindir, karena dalam proses pembelajaran dan kehidupan seseorang pasti mengalami yang namanya sebuah kesalahan.  
 
Bila orangtua konsisten dalam membentuk psikis dan pola pikir anak, maka keinginan kedua belah pihak, yaitu orangtua dan anak akan menghasilkan sesuatu yang baik. Selain itu orangtua juga harus menumbuhkan memori yang baik sejak anak masih kecil, karena itu merupakan faktor utama yang menentukan pola kepribadian pada masa dewasa nanti. Jadi sebagai orangtua, sudah semestinya kita menciptakan memori yang indah dan kejadian yang menyenangkan agar buah hati kita, tumbuh menjadi dewasa yang berkepribadian menarik dan menyenangkan, sehingga target yang diharapkan untuk membentuk perkembangan psikis dan pola pikir anak dapat tercapai dengan baik dan sukses. Jika begitu, kita bisa mengatakan bahwa anak kita mampu berkembang.
 
 
Editor :
Sumber : Mandy Harahap
- Dilihat 1042 Kali
Berita Terkait

0 Comments