Nasional / Pendidikan /
Follow daktacom Like Like
Kamis, 18/06/2015 16:03 WIB

Perguruan Tinggi Islam Semakin Diminati Calon Mahasiswa

Ruang untuk seleksi masuk perguruan tinggi di Jawa Timur   Copy
Ruang untuk seleksi masuk perguruan tinggi di Jawa Timur Copy

JAKARTA_DAKTACOM:  Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) akan diselenggarakan pada 23-24 Juni mendatang. Sebanyak 77.224 orang telah mendaftar di 55 PTKIN di seluruh Indonesia, atau naik sekitar 10 persen dibandingkan tahun 2014.

Ada empat jalur untuk masuk PTKIN, yaitu Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Pretasi Akademik Nasional (SPAN), UM-PTKIN, dan Mandiri.

"SPAN merupakan seleksi akademik nasional untuk mahasiswa berprestasi. Tidak ada tes tertulis. Peserta hanya cukup memasukkan berkas untuk diseleksi," kata Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Kamaruddin Amin saat konferensi pers di Gedung Kementerian Agama, Jakarta Pusat, Kamis (18/6).

Peserta yang mengikuti SPAN tidak dipungut biaya apapun karena sumber pembiayaannya dari APBN. "Data empat tahun terakhir menunjukkan SPAN semakin dinikmati. Untuk tahun 2015, ada pendaftar online sebanyak 396.081 peserta," kata Kamaruddin.

Sementara, UM-PTKIN merupakan ujian tertulis. Kamaruddin menjelaskan kuota kursi yang disediakan untuk peserta yang lulus SPAN lebih banyak dibandingkan jalur lainnya. "Sekitar 60 persen kuota akan diambil dari jalur SPAN," katanya.

Direktur Pendidikan Tinggi Islam Kemenag Amsal Bakhtiar mengatakan kuota yang disediakan untuk SPAN sebanyak 61.246 kursi. Sementara, UM-PTKIN sebanyak 36.747 kursi dan Mandiri sebanyak 24.498 kursi.

Dijelaskan oleh Kamaruddin, perguruan tinggi Islam di Indonesia punya peran strategis dalam mengembangkan demokrasi dan toleransi di Indonesia.

"Indonesia sebagai negara muslim terbesar di dunia, dengan kehidupan demokrasi yang progresif tidak terlepas dari kontribusi riil perguruan tinggi Islam yang mengampanyekan Islam moderat," katanya.

Jumlah PTKI swasta berjumlah 663 lembaga, dengan rincian 47 institut, 521 Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI), dan 95 Fakultas Agama Islam (FAI) pada Perguruan Tinggi Umum (PTU).

Sementara PTKI negeri berjumlah 55 lembaga, dengan rincian 11 Universitas Islam Negeri (UIN), 25 Institut Agama Islam Negeri (IAIN), dan 19 Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN).

Editor :
Sumber : CNN Indonesia
- Dilihat 1159 Kali
Berita Terkait

0 Comments