Jurnal Haji /
Follow daktacom Like Like
Selasa, 28/08/2018 10:37 WIB

Kemenkes Imbau Jemaah Tetap Jaga Kesehatan Setelah Armina

Jemaah haji (Ilustrasi)
Jemaah haji (Ilustrasi)
JAKARTA, DAKTA.COM - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) meminta jemaah haji tetap menjaga kesehatan pascafase Armina berlalu. Kemenkes menekankan kendati ibadah haji sudah berakhir, jemaah haji jangan berhenti menjaga perilaku dan kesehatan.
 
“Justru pasca-Armina ini perlu diwaspadai,” kata Menteri Kesehatan (Menkes) Nila F Moeloek dalam keterangan tertulis pada wartawan, Senin (27/8).
 
Saat ini, ia menjelaskan, kloter awal gelombang pertawan jemaah haji sudah mulai kembali ke Tanah Air. Sementara kloter lainnya, masih melanjutkan ibadah sunah di Madinah.
 
Nila mengatakan, biasanya jemaah yang sudah selesai berhaji, malah mengalami penurunan daya tahan tubuh karena malas makan. Praktis, hal itu menjadi tantangan bagi petugas medis di kloter (TKHI) untuk lebih meningkatkan tugasnya.
 
Menkes menyampaikan, tiga pesan pada TKHI dan jemaah haji. Pertama, ia meminta TKHI meningkatkan diagnosis dini terhadap jemaah di pondokan kloter masing-masing, terutama setelah puncak ibadah haji.
 
“Waspada bagi jemaah pascarawat di KKHI atau RSAS, terutama yang mengidap penyakit kardiovaskuler dan memastikan intake yang cukup pada jemaah sakit. Karena pasca-Armina, kondisi ini menjadi risiko yang dapat menyumbang angka kematian tinggi,” jelasnya.
 
Kedua, ia mengimbau jemaah gelombang I untuk menjaga kesehatan dan kebugaran karena segera kembali ke Tanah Air. Begitu juga dengan jemaah gelombang II yang masih beribadah di Madinah.
 
Ketiga, ia mengimbau jemaah mengatur aktivitas, jangan berlebihan. “Tetap menjaga waktu istirahat dan menjaga asupan makannya,” ujarnya.
 
Nila berharap perilaku hidup sehat yang sudah dijaga sebelum Armina, tetap dipertahankan. Ia mengatakan cara mudah menjaga kesehatan adalah menjaga pola makan, rajin minum, dan cukup istirahat.
 
“Kami tentu ingin jemaah kembali ke Indonesia dengan sehat. Maka tetap jaga kesehatan sampai pulang nanti,” pungkas Nila. **
Editor :
Sumber : republika.co.id
- Dilihat 935 Kali
Berita Terkait

0 Comments