Nasional / Politik dan Pemerintahan /
Follow daktacom Like Like
Kamis, 23/08/2018 11:33 WIB

Presiden Jokowi Pastikan Penanganan Gempa Lombok Secara Menyeluruh

Presiden Jokowi usai menyerahkan hewan qurban di Gedung PP Muhammadiyah, Menteng
Presiden Jokowi usai menyerahkan hewan qurban di Gedung PP Muhammadiyah, Menteng
JAKARTA, DAKTA.COM - Presiden Joko Widodo menjamin penanganan gempa di Lombok dilakukan secara menyeluruh dari tingkat pusat hingga daerah. 
 
Usai melakukan penyerahan hewan qurban ke PP Muhammadiyah, Jokowi menanggapi masalah bencana Lombok yang hingga saat ini masih belum ditetapkan sebagai bencana nasional. 
 
"Paling penting saya kira adalah penanganannya secara nasional telah kita kerjakan bersama provinsi dan kabupaten," ungkap Jokowi di Gedung PP Muhammadiyah, Menteng pada Kamis (23/8).
 
Namun Jokowi mengakui ada beberapa administrasi terkait bantuan tersebut yang perlu diproses karena jumlahnya sangat besar sehingga ketika hal ini sudah selesai maka dirinya akan langsung meninjau kembali ke lokasi kejadian.
 
"Kita masih pada tahapan penyampaian bantuan untuk yang rusak berat, rusak sedang, dan rusak ringan masih dalam proses administrasi secara besar-besaran. Sehingga kalau sudah selesai mungkin akhir minggu ini atau awal minggu depan saya akan kembali ke Lombok," tutupnya. 
 
Pasca gempa 7,0 Skala Richter, pada 5 Agustus lalu di wilayah Lombok, Nusa Tenggara Barat masih terus diguncang gempa susulan hingga saat ini. Meski begitu hingga saat ini pemerintah belum juga menetapkan statusnya menjadi bencana nasional. Padahal lebih dari 470 nyawa melayang dan triliunan rupiah kerugian yang diakibatkan. 
 
Penetapan status dan tingkat bencana nasional dan daerah didasarkan pada lima variabel utama, yakni jumlah korban, kerugian harta benda, kerusakan prasarana dan sarana, cakupan luas wilayah yang terkena bencana, serta dampak sosial ekonomi yang ditimbulkan. **
 
Reporter :
Editor :
- Dilihat 1898 Kali
Berita Terkait

0 Comments