Bekasi /
Follow daktacom Like Like
Senin, 20/08/2018 13:33 WIB

Tips Memilih Hewan Qurban yang Baik

Hewan kurban
Hewan kurban
BEKASI, DAKTA.COM - Hari raya Idul Adha 1439 H, akan jatuh pada tanggal 10 Dzulhijjah atau 22 Agustus 2018 mendatang. Dalam menyambut perayaan besar tersebut, umat Islam berbondong-bondong berburu hewan Qurban. Secara umum, syarat hewan Qurban haruslah halal dan sehat. Masalahnya, tak semua hewan Qurban memenuhi syarat tersebut. Berikut adalah tips dalam memilih hewan Qurban.
 
1. Usia Hewan Qurban
Dalam memilih hewan Qurban, diwajibkan hewan tersebut sudah memenuhi syarat umur yang ditetapkan oleh syariat agama. Adapun umur ideal hewan Qurban untuk jenis unta genap 5 tahun, sapi genap 2 tahun, kambing genap 1 tahun, dan untuk domba genap 6 bulan.
 
2. Tidak Memiliki Cacat.
Dari Al Barra’ bin Azib radliallahu ‘anhu, sesungguhnya Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda sambil berisyarat dengan tangannya demikian (empat jari terbuka): “Ada empat cacat yang tidak boleh dalam hewan Kurban: buta sebelah matanya dan jelas butanya, sakit dan jelas sakitnya, pincang dan jelas pincangnya, dan sangat kurus sampai-sampai tidak punya sumsum tulang.” Al Barra’ mengatakan, “Apapun ciri binatang yang tidak kamu sukai maka tinggalkanlah dan jangan haramkan untuk orang lain. (HR. An-Nasa’i, Abu Daud dan dishahihkan Al-Albani). Merujuk dari hadist tersebut, maka dapat diartikan bahwa hewan qurban yang sah, tidak memiliki cacat, dan dalam keadaan yang sehat.
 
3. Jaminan Kesehatan Hewan dari Pemerintah Setempat.
Khusus di Kota Bekasi, masyarakat bisa berlega hati karena Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Kota Bekasi, Satia Sriwijayanti, telah menjamin kesehatan hewan-hewan kurban yang dijual di Kota Bekasi. Jaminan itu ditegaskan dengan pemberian stiker pada setiap penjual yang hewan ternaknya sudah menjalani pemeriksaan.
 
“Ya masyarakat tidak perlu khawatir beli hewan qurban. Kami akan melakukan pemeriksaan ke seluruh penjual hewan kurban. Dan silakan nanti beli ke penjual hewan kurban yang berstiker dari kami," kata Satia.
 
4. Pilihlah Tempat Membeli Hewan Qurban yang Amanah dan Terpercaya.
Tips terakhir adalah memilih tempat membeli hewan qurban yang amanah dan terpercaya. Ada banyak Rumah Pemotongan Hewan (RPH) yang tersebar di Bekasi. Tapi, jika anda masih khawatir mengenai kehalalan dan thayibban hewan qurban, Radio Dakta melalui Dakta Peduli setiap tahunnya menyelenggarakan program Dakta Qurban yang bekerja sama dengan PT Agro Jaya Mulia.
 
 
 
Dakta Qurban menyediakan Domba 30kg dengan harga Rp2.200.000,- dan Sapi seberat 250kg dengan harga Rp20.000.000,- harga tersebut sudah mencakup biaya pemeliharaan dan distribusi. Setiap tahunnya Dakta Qurban berusaha untuk menyediakan pelayanan yang terbaik dan berkualitas bagi konsumennya. Dalam pendistribusiannya nanti, Dakta Qurban akan lebih mengutamakan lingkungan sekitar dan berdasarkan proposal yang masuk seperti dari DKM masjid.
 
Informasi lebih lanjut rekan dapat menghubungi Dakta call center di (021) 880 7426/ 8807427 atau dapat langsung datang ke Radio Dakta Jalan KH Agus Salim no. 77 Bekasi Timur. Rekan yang ingin menyampaikan Qurbannya dapat melalui Dakta Sebar Qurban di Bank Mandiri Syariah 7000 635 892 atas nama Dakta Peduli.  (Inayah)
Editor :
Sumber : Radio Dakta
- Dilihat 1183 Kali
Berita Terkait

0 Comments