Nasional / Kesehatan /
Follow daktacom Like Like
Sabtu, 18/08/2018 11:27 WIB

Pilih Mana: Makan Dulu atau Olahraga Dulu?

Ilustrasi bersepeda
Ilustrasi bersepeda

JAKARTA, DAKTA.COM - Salah satu perdebatan sepanjang masa setiap kali mau olahraga adalah menentukan perlukah makan terlebih dahulu, atau nanti saja setelah olahraga?

Jika kamu masih bingung, tidak perlu berkecil hati. Para ilmuwan hingga saat ini belum menemukan suara bulat soal itu. Masing-masing punya kelebihan dan kekurangan, sehingga untuk sementara bolehlah disesuaikan dengan kebiasaan dan kenyamanan.

Namun jika hendak mengikuti hasil penelitian terbaru, maka sebaiknya tidak berolahraga dengan perut kosong. Penelitian dari Inggris membuktikan bahwa bersepeda akan membakar lebih banyak karbohidrat jika didahului dengan sarapan sebelumnya.

Dalam penelitian yang dipublikasikan di American Journal of Physiology: Endocrinology and Metabolism tersebut, para ilmuwan merekrut 12 partisipan laki-laki sehat. Mereka diminta bersepeda selama satu jam, dengan dua perlakuan berbeda yakni puasa terlebih dahulu dan sarapan terlebih dahulu.

Kadar gula darah dan kadar glikogen sebelum dan setelah olahraga diperiksa, lalu dibandingkan. Ternyata, partisipan yang sarapan dulu sebelum bersepeda mengalami pembakaran glikogen lebih banyak dibandingkan partisipan yang tidak sarapan.

Artinya, sarapan sebelum bersepeda membuat metabolisme tubuh meningkat sehingga pembakaran kalori terjadi lebih banyak. Bukan hanya kalori yang berasal dari sarapan, melainkan juga kalori yang disimpan di otot dalam bentuk glikogen.

"Peningkatan pemakaian glikogen otot mungkin menjelaskan kenapa ada pembakaran gula lebih cepat saat makan siang, ketika sarapan tidak dilewatkan sebelum olahraga," jelas Rob Edinburgh yang melaporkan penelitian tersebut, dikutip dari Medicalnewstoday.

Editor : Dakta Administrator
Sumber : detakHealth
- Dilihat 6637 Kali
Berita Terkait

0 Comments