Nasional / Politik dan Pemerintahan /
Follow daktacom Like Like
Selasa, 14/08/2018 14:12 WIB

Partai Berkarya Optimis 575 Caleg DPR RI Penuhi Persyaratan

Ketua DPP Partai Berkarya, Badaruddin Andi Picunang
Ketua DPP Partai Berkarya, Badaruddin Andi Picunang
JAKARTA, DAKTA.COM - Merujuk dari pendaftaran bakal calon legislatif 2019, Partai Berkarya mendaftarkan bacalegnya ke KPU RI sebanyak 575 orang.
 
Ketua DPP Partai Berkarya, Badaruddin Andi Picunang optimis jika partai Berkarya di akhir pendaftaran nanti semuanya akan memenuhi seluruh syarat saat pengumuman DCT (Daftar Calon Tetap).
 
"Walaupun di DCS ini diumumkan masih ada 142 bacaleg yang TMS dan 14 dapil yang gugur karena keterwakilan perempuannya ikut TMS. Yang jelas kami mengambil langkah sesuai aturan yakni menggugat KPU ke BAWASLU untuk minta dimediasi agar bacaleg dan dapil kami dihidupkan kembali," kata Badaruddin dalam keterangan tulisnya kepada Dakta, Selasa (14/8).
 
Ia menyampaikan, syarat 575 bacaleg partai Berkarya semua sudah terpenuhi, hanya saja karena ada perbedaan penginputan di SILON dan hardcopy yang disampaikan kepada KPU. 
 
"Ada human error baik itu dari KPU maupun kami sendiri. Jadi tidak perlu dibesar-besarkan," ujarnya.
 
Selain Partai Berkarya hampir semua partai ada yang tidak memenuhi syarat (TMS). Pihaknya akan mengikuti seluruh tahapan yang sesuai dengan UU No 7 tahun 2017 dan PKPU dan Keputusan yang dikeluarkan KPU.
 
"Di internal kami sedang berbenah, memperbaiki kekurangan. Masih ada waktu perbaikan data bacaleg sebelum ditetapkan jadi caleg tetap (DCT). Waktu ini yang kita akan maksimalkan. Mudah-mudahan mediasi di BAWASLU segera diwujudkan dan hasilnya tidak merugikan semua pihak," ucapnya. 
 
Kami pun pernah mengalami hal serupa ketika partai kami tidak diloloskan pada tahapan administrasi verifikasi calon peserta Pemilu tahun lalu, tapi lewat mediasi kami lolos dan akhirnya bisa jadi peserta PEMILU 2019. 
 
Ia optimis apabila hasil mediasi nantinya Partai Berkarya diloloskan. "Kami yakin petitumnya dikabulkan, 575 Bacaleg DPR RI Partai Berkarya lolos jadi Caleg DPR RI," tutupnya. **
Reporter :
Editor :
- Dilihat 2591 Kali
Berita Terkait

0 Comments