Nasional /
Follow daktacom Like Like
Senin, 13/08/2018 08:12 WIB

Pilpres 2019, Forjim Tegaskan Tetap Independen

Ketua Umum Forjim, Dudy S.Takdir (dok)
Ketua Umum Forjim, Dudy S.Takdir (dok)
JAKARTA, DAKTA.COM - Forum Jurnalis Muslim (Forjim) menyatakan bahwa akan tetap bersikap independen menjelang pemilihan presiden dan anggota legislatif tahun 2019.
 
"Sebagai organisasi wartawan, sikap Forjim secara organisasi tetap independen. Ini mengikat semua pengurus dan anggota termasuk Badan Otonom," kata Ketua Umum Forjim, Dudy S.Takdir di Jakarta, Senin (13/8).
 
Menurut Dudy, sikap independen itu salah satunya dilakukan dengan cara membuat liputan dan tulisan secara berimbang.
 
"Pripsip cover both sides tetap harus diterapkan. Jangan sampai karena kita tidak suka terhadap satu pasangan calon (paslon), maka kita ikut melakukan kampanye hitam," tegasnya.
 
Lebih lanjut Dudy mengatakan, kalau pun ingin memberikan kritik terhadap salah satu paslon, harus tetap berpegangan pada Kode Etik Jurnalistik (KEJ) yang berlaku.
 
"Sah-sah saja melakukan kritik, karena itu salah satu fungsi pers. Tapi jangan kemudian mengkritik satu pihak sembari mempromosikan pihak lainnya," jelasnya.
 
Isu keberpihakan wartawan dan organisasi pers memang menjadi persoalan yang kembali menghangat. 
 
"Masyarakat sebetulnya mengharapkan pers yang sehat, yang berpihak pada publik, bukan berpihak pada partai atau kandidat," pungkasnya. **
Editor :
Sumber : Rilis Forjim
- Dilihat 597 Kali
Berita Terkait

0 Comments