Nasional / Budaya /
Follow daktacom Like Like
Selasa, 16/06/2015 17:27 WIB

Jelang Ramadhan, Aceh Peringati Hari Mak Meugang

(Ilustrasi) Rayakan Hari Mak Meugang, Penjual Daging Aceh Diserbu Pembeli
(Ilustrasi) Rayakan Hari Mak Meugang, Penjual Daging Aceh Diserbu Pembeli
BANDA ACEH_DAKTACOM: Menjelang Ramadhan di Aceh menjadi hari yang sangat Spesial, karena pada hari ini merupakan hari “Mak Meugang” (penyembelihan hewan ternak). Hari Mak Meugang merupakan hari yang telah di peringati secara turun-temurun, bagi masyarakat Aceh ratusan tahun lalu.
 
Hari Mak Meugang atau hari potong hewan adalah hari Tradisi, di mana miskin dan kaya pada hari ini mengepul aroma sedap wanginya masakan khas Aceh di setiap rumah masyarakat Aceh.
 
Pada hari ini pula, merupakan hari yang di rindukan bagi masyarakat Aceh, terutama yang berada di luar Aceh, untuk berkumpul menikmati hari Mak Meugang bersama keluarga, sanak family dan handai taulan.
 
Tak heran setiap hari Mak Meugang harga sapi, kerbau dan kambing melonjak drastis, karena kebutuhan masyarakat Aceh meningkat, seperti hari ini harga daging di pasar tradisional Aceh, rata-rata berkisar Rp. 130.000 hingga Rp. 150.000 per kilogram.
 
Seperti halnya salah seorang penjual daging di depan Hermes Mall Banda Aceh, Haji Din yang ditemui wartawan, Selasa (16/6/2015) menjelaskan, hari Mak Meugang pertama ini dia memotong 8 ekor sapi, dengan harga jual  Rp. 130.000 per kilogram. Alasan dia menjual harga daging agak murah karena, memang pembelinya adalah langganan yang biasa membeli daging kepadanya.
 
Sementara itu, sesuai pantauan harga daging di Pasar keutapang Aceh Besar mencapai Rp. 140.000 per kilogram. Bahkan di pasar Kaget, seperti yang jual di pinggir jalan besar, hingga mencapai Rp. 150.000 per kilogram.
 
Pada kenyataannya hari ini harga daging menembus hingga Rp. 150.000, namun masyarakat tetap membelinya, karena hari Mak Meugang ini merupakan hari tradisi masyarakat Aceh, jadi tak Lengkap rasanya menyambut Ramadhan tanpa hari Mak Meugang, Sie Reboh dan Kanji Rumbi.
Editor :
Sumber : rri.co.id
- Dilihat 1482 Kali
Berita Terkait

0 Comments