Nasional /
Follow daktacom Like Like
Rabu, 08/08/2018 11:13 WIB

Kementerian PUPR Kirimkan Alat Berat Evakuasi Korban Gempa Lombok

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono
JAKARTA, DAKTA.COM - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono akan mengirimkan sejumlah alat berat untuk mengevakuasi korban gempa di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). 
 
"Kami menyiapkan semua peralatan berat, beberapa excavator sudah tiba di sana. Nantinya itu akan digunakan untuk mengangkat puing-puing reruntuhan bangunan yang hancur," terang Basuki, Rabu (8/8).
 
Basuki telah memerintahkan kepada para kontraktor dan BUMN yang sedang melakukan pembangunan sejumlah infrastruktur di NTB untuk mengirimkan alat-alat berat tersebut ke lokasi bencana, agar rehabilitasi pasca gempa segera dilakukan. 
 
"Saya juga sudah memanggil beberapa kontraktor yang ada di sana untuk mengirimkan alat-alat berat mereka. Ada beberapa BUMN yang juga sedang membangun jalan, bendungan, jembatan itu nanti akan kita pinjam," ungkapnya. 
 
Mengenai banyaknya jalan yang juga rusak akibat gempa di Lombok, Basuki menyampaikan, mereka masih dapat menuju lokasi bencana melalui rute alternatif lainnya. 
 
"Memang di sana ada beberapa jalan yang hancur, jembatan yang retak, nanti sekalian langsung kita lakukan rekonstruksi di sana," tutupnya. 
 
Seperti diketahui bahwa pada Ahad (5/8) malam telah terjadi gempa dengan kekuatan hingga 7,0 SR yang mengguncang wilayah Lombok Utara, NTB. Bahkan akibat gempa ini, BMKG sempat mengeluarkan peringatan dini potensi tsunami meskipun tidak berlangsung lama. 
 
Data sementara dari BNPB hingga siang ini, total korban sejumlah 105 orang meninggal dunia, 236 luka-luka, dan ribuan orang masih mengungsi. Data ini diprediksi akan terus bertambah karena proses evakuasi dan pencarian korban masih terus dilakukan. **
Reporter : Boy Aditya
Editor : Asiyah Afifah
- Dilihat 147 Kali
Berita Terkait

0 Comments