Bekasi /
Follow daktacom Like Like
Senin, 06/08/2018 15:54 WIB

Basarnas Kerahkan 320 Personel Bantu Korban Gempa Lombok

Kepala Basarnas Kantor Pusat, Marsekal Madya TNI M. Syaugi
Kepala Basarnas Kantor Pusat, Marsekal Madya TNI M. Syaugi
JAKARTA, DAKTA.COM - Lombok diguncang gempa pada Ahad (5/08) kemarin sekitar pukul 18.46 WIB dengan 7,0 SR yang berpotensi tsunami. Berbagai upaya dilakukan oleh pemerintah untuk mengevakuasi korban gempa di Lombok, salah satunya dengan menurunkan sejumlah personel Basarnas (Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan).
 
Kepala Basarnas Kantor Pusat, Marsekal Madya TNI M. Syaugi mengatakan bahwa setidaknya sudah ada 320 personel Basarnas yang dikerahkan untuk membantu pengevakuasian korban gempa bumi di Lombok. 
 
320 personel itu berasal dari berbagai kota dan ditujukan untuk disebar di berbagai titik gempa, seperti Lombok Timur, Lombok Barat, Lombok Utara.
 
"Di Mataram sendiri itu ada 100 orang, untuk ke Lombok Timur, Lombok Barat, Lombok Utara. Kemudian kami tambah dari personel pusat itu ada 60 orang dari Jakarta, sudah berangkat tadi pagi. Dari Bali 70 orang, dari Kupang 20 orang, dari Surabaya 50 orang. Jadi, totalnya 320 orang,” ujar M. Syaugi saat dihubungi via telepon oleh Radio Dakta, Senin (6/8).
 
Sejak semalam, Basarnas melakukan dua kali proses evakuasi. Evakuasi pertama, Basarnas berhasil mengevakuasi 61 orang, 49 warga negara Indonesia dan 19 warga negara asing. Sementara pada proses evakuasi kedua, Basarnas berhasil mengevakuasi 77 orang, 58 di antaranya warga negara Indonesia, dan 19 sisanya merupakan warga negara asing.
 
Saat ini, Basarnas tengah menjalankan proses evakuasinya yang ketiga. Para korban selamat dibawa ke dermaga Bangsal, untuk diserahkan pada BNPB setempat.
 
"Upaya-upaya terus dilakukan oleh Basarnas untuk melakukan proses evakuasi, terutama pada wilayah yang sulit dijangkau seperti Lombok Utara," tuturnya.
 
Ia berpesan kepada masyarakat Lombok dan sekitarnya, untuk memberikan informasi terkait keberadaan korban melalui call center Basarnas di 115, atau kantor SAR Kota Mataram. (Inayah)**
 
Editor : Asiyah Afifah
Sumber : Radio Dakta
- Dilihat 154 Kali
Berita Terkait

0 Comments