Nasional / Politik dan Pemerintahan /
Follow daktacom Like Like
Senin, 06/08/2018 17:06 WIB

JK Sampaikan Duka Cita Mendalam untuk Korban Gempa Lombok

Wakil Presiden RI Jusuf Kalla
Wakil Presiden RI Jusuf Kalla
JAKARTA, DAKTA.COM - Wakil Presiden RI Jusuf Kalla (JK) menyatakan duka yang mendalam terkait bencana gempa bumi berkekuatan hingga 7,0 SR di Lombok, Nusa Tenggara Barat pada Ahad  (5/8) malam kemarin. 
 
"Kita semua mengucapkan bela sungkawa, simpati kepada korban bencana alam gempa di NTB khususnya di Lombok Utara, semoga arwahnya diterima Allah SWT," ujar JK usai menggelar pertemuan dengan MUI, pada Senin (6/8).
 
Pemerintah, lanjut JK, berjanji untuk segera merehabilitasi dampak dari gempa ini, tetapi mereka terlebih dahulu menetapkan masa tanggap darurat selama tiga minggu ke depan. 
 
"PMI juga aktif di sana, banyak sekali menolong orang evakuasi, mendirikan pos-pos kesehatan PMI. Saya berbicara dengan Pak Gubernur tadi siang kebutuhan dasarnya antara lain air, jadi kita kirim tangki air ke sana," imbuhnya yang juga menjabat sebagai Ketua PMI ini. 
 
Selain itu, JK mengatakan hal yang tidak kalah penting adalah melakukan rekonstruksi terhadap sejumlah bangunan yang rusak berat, terutama di wilayah Lombok Utara. 
 
"Yang paling penting saat ini, tanggap darurat habis itu rehabilitasi kemudian rekonstruksi. Kerena menurut Gubernur tadi pagi, di sekitar Lombok Utara itu 70% bangunan telah rusak," tutupnya. 
 
Wilayah Lombok Utara memang mengalami kerusakan parah dari gempa tersebut dengan korban meninggal dunia sebanyak 72 dari total 91 orang korban jiwa secara keseluruhan.
Reporter :
Editor :
- Dilihat 1318 Kali
Berita Terkait

0 Comments