Bekasi / Kabupaten /
Follow daktacom Like Like
Jum'at, 03/08/2018 11:12 WIB

Angka Penderita TBC di Kabupaten Bekasi Tinggi

ilustrasi penderita tuberkulosis
ilustrasi penderita tuberkulosis
CIKARANG, DAKTA.COM - Angka penderita penyakit Tuberkulosis (TBC) di Kabupaten Bekasi sebanyak 4.804 jiwa. Angka itu berdasarkan data dari dinas kesehatan sepanjang tahun 2017, kemungkinan angka itu masih tetap sama di tahun 2018 ini, sebab dalam penyembuhannya pasien membutuhkan lebih dari enam bulan.
 
Usia penderita mulai anak balita sampai remaja hingga 15 tahun, sedangkan perempuan dengan umur 22 tahun dan laki-laki 19 tahun.
 
Bupati Bekasi Neneng Hasanah Yasin saat ditanya mengenai tingginya jumlah penderita TBC, ia mengatakan bahwa pada prinsipnya penyakit itu bisa disembuhkan jika pasien rutin berobat.
 
"Kendala dalam pengobatan TBC terkadang baru dua minggu pengobatan, pasien sudah bosan," ujar Neneng ditemui di kantor Pemkab Bekasi, Cikarang pada Jumat (3/8).
 
Untuk itu, lanjutnya, diperlukan peran dari anggota keluarga dalam penyembuhan bagi penderita TBC, karena setiap hari harus meminum obat selama enam bulan. "Puskesmas juga melakukan pengobatan secara gratis terhadap pasien penderita TBC," katanya.
 
Neneng menambahkan, banyak penderita penyakit TBC yang belum terdeteksi maupun tercatat karena kurangnya tenaga ahli baik tingkat kecamatan, kelurahan, desa.
 
Ia juga menekankan kepada masyarakat agar membiasakan pola hidup sehat dan bersih agar terhindar dari penyakit tersebut. **
Reporter : Ardi Mahardika
Editor :
- Dilihat 2296 Kali
Berita Terkait

0 Comments