Nasional / Hukum dan Kriminal /
Follow daktacom Like Like
Rabu, 01/08/2018 13:32 WIB

520 Prajurit Kopassus Dilibatkan dalam Simulasi Pengamanan Asian Games

Simulasi pengamanan Asian Games di SUGBK melibatkan Denbravo, Denjaka, dan Satgultor Kopassus
Simulasi pengamanan Asian Games di SUGBK melibatkan Denbravo, Denjaka, dan Satgultor Kopassus
JAKARTA, DAKTA.COM - Danjen Kopassus Mayjen Eko Margiyono mengungkapkan simulasi pengamanan Asian Games di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) melibatkan 520 personil. 
 
"Latihan ini rutin dilaksanakan dalam setahun dua kali. Ada dua momen yang bisa dijadikan sebagai sarana latihan yaitu sebagai tuan rumah Asian Games karena itu, kami dari TNI memandang perlu untuk latihan dalam rangka antisipasi pengamanan," papar Mayjen Eko, Rabu (1/8).
 
Eko mengemukakan dalam simulasi pengamanan Asian Games hari ini, mereka melakukan skenario untuk pembebasan sandera yang melibatkan tiga satuan tempur khusus yakni Denbravo, Denjaka, dan Satgultor Kopassus. 
 
"Ada beberapa titik pengamanan, salah satunya venue-venue di GBK, kemudian wisma atlet kemayoran serta proses perjalananan atlet ke venue pertandingan. Kami sudah siap dengan pengamanan tidak hanya di GBK tetapi juga di Palembang," imbuhnya. 
 
Eko menyampaikan, simulasi pengamanan yang dilakukan ini memang mengandung resiko tinggi karena mereka melakukan simulasi langsung di lokasi yang beberapa saat lagi akan dipakai untuk pagelaran Asian Games sehingga dibutuhkan kehati-hatian dalam menjalankannya. 
 
"Koordinasi pengamanan dengan pihak kepolisian sudah dilakukan secara intensif. Bagi kami adalah apabila eskalasi ancaman sudah pada level tertentu yang mengharuskan TNI untuk turun maka itu tergantung dari pimpinan negara," tutupnya. **
Reporter : Boy Aditya
Editor : Asiyah Afifah
- Dilihat 4286 Kali
Berita Terkait

0 Comments