Jurnal Haji /
Follow daktacom Like Like
Jum'at, 27/07/2018 08:04 WIB

Proses Imigrasi Jemaah Kini Dilakukan di Asrama Haji

Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin
Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin
JAKARATA, DAKTA.COM - Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin menyampaikan proses keimigrasian bagi para jemaah haji kini sudah dapat dilakukan saat berada di asrama haji.
 
"Seluruh proses imigrasi yang selama ini selalu dilakukan di Bandara Madinah maupun Bandara Jeddah, sekarang sudah semuanya dilakukan di tanah air, di masing-masing embarkasi," papar Lukman saat ditemui di Jakarta, pada Jumat (27/7).
 
Lukman menyampaikan, hal ini mereka lakukan demi mempermudah para jemaah haji dan menghemat waktu saat berada di tanah suci karena mereka tidak perlu menunggu terlalu lama untuk mendapatkan izin keimigrasian di Bandara.
 
"Artinya jemaah haji kita tidak seperti masa-masa yang lalu harus antri menunggu proses imigrasi sampai 5-6 jam. Tapi sekarang mungkin prosesnya satu kloter itu bisa tidak sampai satu jam, ini sangat efisien dan menghemat stamina para jemaah haji kita," imbuhnya.
 
Lukman menambahkan, pada hari ini Jumat (27/7) para jemaah haji asal Indonesia sudah akan berangsur-angsur bergerak menuju Mekkah.
 
"Mereka mulai berangsur secara bertahap menuju Mekkah dari 18 kloter, mudah-mudahan tidak ada suatu masalah apapun saat para jemaah haji kita ini bergerak ke Mekkah," tutupnya.
 
Sebagai informasi pada hari ini Jumat (27/7) sebanyak 7.331 jemaah haji asal Indonesia dari 18 kloter sudah mulai bergerak dari Madinah ke Mekkah. Sebelum menuju Makkah, mereka akan singgah di Masjid Bir Ali untuk melaksanakan Miqat sekaligus niat berihram.
 
Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi telah mengerahkan sebanyak 168 bus untuk mengangkut para jemaah secara bergelombang. Gelombang pertama akan diberangkatkan pukul 06.00 pagi waktu setempat, gelombang kedua pukul 08.00, dan ketiga pada pukul 13.00 siang. **
Reporter : Boy Aditya
Editor : Asiyah Afifah
- Dilihat 304 Kali
Berita Terkait

0 Comments